LiveChat

Minggu, 17 Juni 2018

Beberapa Jenis Makanan Yang Harus Dihindari Saat Mengalami Batuk

Beberapa Jenis Makanan Yang Harus Dihindari Saat Mengalami Batuk

https://tipsorangsehat.blogspot.com/ - Batuk pada umumnya jarang sekali membahayakan nyawa seseorang, namun kita pun pasti pernah merasakan bahwa sangat tersiksanya saat menderita sakit batuk. Sebenarnya ada banyak penyebab dari batuk ini, antara lain perbuahan cuaca, dan salah makan.

Tentu kita pun mengetahui bahwa batuk akan bertambah parah ketika kita memakan-makanan yang berminyak seperti gorengan. Ketika anda sedang dilanda batuk kering ada baiknya hindari untuk mengkonsumsi makanan yang di goreng sebab dapat menyebabkan tenggorokan menjadi semakin kering dan muncuk rasa sakit tidak nyaman serta nyeri.

Beberapa Jenis Makanan Yang Harus Dihindari Saat Mengalami Batuk

Ternyata ada beberapa jenis makanan dan minuman lain yang wajiv dihindari disaat anda menderita batuk.

1. Makanan Yang Menyebabkan Alergi
Batuk bisa menjadi salah satu gejala asma, yang dihubungkan dnegan faktor alergi pada seseorang. Pada beberapa kasus gejala asma sangat berhubungan dengan makanan dan minuman penyebab alergi.

Beberapa makanan dan minuman yang perlu dihindari saat anda dilanda batuk yang disebabkan oleh asma adalah susu sapi, ikan, telur dan kacang-kacangan.

2. Susu dan Produk Olahan Susu
Susu dan produk olahan susu dipercaya dapat merangsang pembentukan dahak pada saluran pernapasan. Faktanya, protein pada susu juga dapat merangsang pembentukan lendir di saluran pencernaan saat sedang di konusmsi.

Jika ada sedang batuk, ada baiknya hindari asupan seperti susu serta produk oalhan yang berasal dai susu. Banyaknya lendir atau dahak yang terbentuk di saluran pernapasan tentu dapat semakin merangsang batuk menjadi lebih sering.

3. Minuman Berkafein
Kafein merupakan zat yang bersifat diuretik, sehingga akan merangsang pembentukan dan pengeluaran urin. Keadaan tersebut mengakibatkan peningkatan jumlah cairan yang keluar dalam tubuh. Semakin banyak cairan yang keluar, tubuh akan kekurangan cairan, termasuk tenggorokan dan pada akhirnya tenggorokan anda akan terasa semakin kering ketika batuk.

Selain itu, batuk yang disebabkan oleh penyakit gastroesophageal reflux disease (GERD), kafein harus sangat dihindari. Ini karena zat tersebut dapat merangsang pembentukan asam lambung menjadi semakin banyak, contoh minuman yang mengandung kafein di dalamnya seperti kopi, teh, minuman berenergi, dan minuman bersoda.

Selain mengkonsumsi obat dan menghindari makanan maupun minuman diatas, anda sebaiknya mencari tahu penyebab utama dari batuk yang sedang anda alami tersebut dan hindari faktor-faktor penyebabnya. Jika batuk tersebut sering kambuh atau tidak kunjung sembuh hingga berminggu-minggu ada baiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

Baca Juga Artile Lainnya: 

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.