LiveChat

Sabtu, 14 September 2019

Kondisi Kesehatan Yang Dapat Memicu Datangnya Sakit Gigi

Kondisi Kesehatan Yang Dapat Memicu Datangnya Sakit Gigi

Kondisi Kesehatan Yang Dapat Memicu Datangnya Sakit Gigi

Sakit gigi memang rasanya sangat-sangat menyakitkan dan tentu akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Rasa sakit ini bahkan bisa semakin parah ketika anda makan atau minum sesuatu tertutama yang dingin maupun panas. Pada makanan yang sedikit keras, mengunyah makanan juga bisa menjadi sangat mengganggu.

Sakit yang muncul di gigi ini biasanya muncul karena disebabkan lubang yang terdapat pada gigi atau adanya masalah kesehatan lain.

Banyak orang yang tidak menyangka bahwa sakit gigi yang terjadi ini bisa disebabkan oleh beberapa masalah kesehatna lain. Berikut Tips Orang Sehat akan membahas beberapa kondisi kesehatan yang dapat memicu datangnya sakit gigi.


Kondisi Kesehatan Yang Dapat Memicu Datangnya Sakit Gigi

1. Gigi Retak
Rasa sakit pada gigi meski tidak bisa dilihat dengan mata telanjang, mungkin menyebabkan rasa sakit yang signifikan.

Menentukan apakah rasa sakit ini disebabkan oleh keratakan gigi bisa cukup sulit untuk dideteksi. Meski demikian, salah satu tanda dari hal ini adalah ketika gigi sakit saat mengunyah.

Mengunyah batu, mengikir gigi, atau kebiasaan mengigit tutup pulpen bisa meningkatkan resiko gigi retak. Meski demikian tidak ada cara yang benar-benar tepat untuk menghuindari keratakan gigi ini.

2. Gigi Sensitif
Gigi sensitif biasa di tandai dengan munculnya rasa tidak nyaman ketika minum teh atau memakan es batu. Hal ini terjadi ketika akar gigi menjadi terbuka karena kerusakan gigi, kendornya gigi atau gusi yang surut.

Jika mengalami masalah ini sebaiknya segera temui dokter gigi atau ganti pasta gigi dengan kandungan yang cocok untuk gigi sensitif. Pilih sikat gigi dengan kepala lembut serta gosok gigi secara perlahan.

3. Infeksi Mulut
Rasa sakit pada gigi mungkin juga muncul karena karang gigi yang tidak di tangani dan berkembang menjadi infeksi akut. Hal ini terjadi ketika gigi berlubang sudah mempengaruhi saraf gigi.

Tanda dari terjadinya infeksi ini bisa berupa pembengkakan di gusi serta mengalami gigi berlubang, sebaiknya segera ke dokter untuk mengatasinya.

4. Infeksi Sinus
Jika anda tidak pernah mengalami sejumlah masalah di atas, namun gigi anda sakit, ada kemungkinan bisa disebabkan oleh beberapa hal lain. Infeksi sinus bisa menjadi penyebab dari munculnya rasa sakit itu terutama pada bagian belakang mulut.

Cabang saraf di gigi mmeiliki jalur yang sama dengan di sinus. Sakit di satu bagian bisa menyebabkan sakit di bagian lainnya.

5. Penyakit Autoimun
Meksi jarang terjadi, sejumlah penyakit bisa mempengaruhi kesehatna mulut.sejumlah penyakit bisa mempengaruhi kesehatan mulut. Sejumlah kondisi kesehatan yang menyebabkan ruam atau kulit melepuh di kulit dan selaput lendir yang mungkin menyebabkan sakit di mulut.

Sejumlah penyakit tersebut bisa menyebabkan munculnya sakit gigi. Namun bisa juga hal ini disebabkan oleh makanan yang terselip di sela-sela gigi.

Jika rasa sakit yang anda alami berlanjut panjang, sangat di sarankan untuk berkonsultasi dengan ahlinya, sebab rasa sakit yang dialami akan lebih menyiksa jika tidak emndapat penanganan yang tepat.

Baca Juga Artikel Lainnya:

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.