LiveChat

Sabtu, 03 November 2018

Ternyata Bad Mood Dapat Memicu Gangguan Kesehatan

Ternyata Bad Mood Dapat Memicu Gangguan Kesehatan

Ternyata Bad Mood Dapat Memicu Gangguan Kesehatan

Perasaan atau suasana hati kurang mengenakkan atau yang biasa kita sebut dengan bad mood merupakan hal umum. Setiap orang pasti pernah merasakan hal serupa. Namun janganlah terlarut dalam bad mood terlalu lama. Sebab jika dibiarkan bisa menimgulkan emosi yang tidak stabil atau bahkan gangguan kejiwaan.

Sebenarnya ada banyak cara untuk mengatasi bad mood ini, namun harus di ketahui terlebih dahulu penyebabnya, seperti kurang tidur, atau pada wanita yang sedang mengalami haid.

Ternyata Bad Mood Dapat Memicu Gangguan Kesehatan

Ada beberapa jenis gangguan kesehatan yang ternyata bisa disebabkan oleh bad mood ini. Mari kita bahas beberapa diantaranya.

1. Nyeri Kronis
Nyeri kronis biaanya sering di kaitkan dengan rasa tidak nyaman. Mulai dari sini saja pasien sudah memiliki kecenderungan untuk mengalami suasana hati yang buruk.

Untuk melawan rasa sakit akut, pasien sering kali di berikan obat penghilang rasa sakit, dan masalhnya obat seperti ini juga dapat memicu ketidakstabilan emosi.

2. Diabetes Tahap Awal
Diabetes tahap awal dapat memicu emosi. Ketidakseimbangan kadar gula juga dapat menyebabkan ketidakcocokan hormon serotonin. Serotonin ini merupakan zat kimia yang di produksi atas perintah otak. Hormon ini yang mempengaruhi emosi dan tingkat stres pada manusia.

3. Kekurangan Vitamin D
Vitamin D tidak hanya penting untuk kesehatan dan kepadatan tulang. Asupan vitamin D juga sangat penting dalam menjaga kestabilan emosi.

Kurangnya vitamin D bisa menyebabkan suasana hati sulit untuk di kendalikan. Oleh karena itulah tidak ada salahnya jika anda mencoba untuk mendapatkan sinar matahari lebih sering.

4. PMDD
Tidak hanya PMS (Premenstrual Syndrome) yang bisa menyebabkan seorang wanita merasa badmood. namun Premenstrual Dysohoric Disorder atau PMDD bisa mengakibatkan rasa gelisah, mudah tersinggung dan sulit melanjutkan pekerjaan.

Walau demikian siklus menstruasi terakhir dengan hormon yang berfluktuasi dan dianggap normal, tetapi PMDD membutuhkan pengonbatan dan perubahan gaya hidup untuk mengurangi gejalanya.

5. Gangguan Pada Kelenjad Tiroid
Memiliki tingkat tiroid yangtinggi juga bisa berbahaya bagi kesehatan mental. Salah satu gejala dari hipertiroid juga berbahaya bagi kesehatan mental. Salah satu gejala dari hipertiorid adalah berubahnya suasan hati yang tidak stabil. Ini juga dapat menyebabkan menurunnya tingkat konsentrasi dan kerap merasa gelisah.

6. Kurang Berolahraga
Jika anda tidak cukup bergerak, tidak hanya tubuh yang akan menderita. Namun mood juga bisa menjadi semakin memburuk. Olahraga menginduksi endorfin yang menciptakan hormon bahagia dna dapat membantu menurunkan tinkat depresi, kecemasan dan membuat anda merasa lebih baik.

Berjalan 10 menit bahkan bisa mengubah suasana hati yang buruk menjadi lebih stabil.

7. Serangan Stroke
Serangan stroke dapat mengubah kondisi otak untuk memberikan sinyal yang tercampur. Hal ini dapat menyulitkan informasi dan emosi yang dirasakan, dengan cara yang benar.

Olah karena itu dalam situasi semacam ini sering kali suasana hati menjadi lebih buruk dan kemarahan sering terjadi. Ada baiknya jika anda mengalami kondisi seperti ini segeralah berkonsultasi dengan dokter.

8. Dapat Menyebabkan Alergi
Beberapa alergi bisa menyebabkan rasa jengkel. Ini mmebuat mood menjadi tidak stabil. Anda bahkan bisa mengalami gangguan tidur. Mereka juga mempengaruhi kepekaan yang membuat seseorang bisa merasa sedih setiap saat.

Dan itulah beberapa gangguan kesehatan yang mungkin bisa muncul oleh karena suasana hati buruk atau bad mood.

Yang paling penting dan mudah untuk dilakukan agar kondisi emosi senantiasa stabil adalh menjalani hidup sehat. Bangun lebih pagi, melakukan aktifitas fisik dan konsumsi makanan yang baik untuk tubuh dalam jumlah yang memadai

Baca Juga Artikel Lainnya:

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.