LiveChat

Selasa, 30 Oktober 2018

Berikut Cara Mempertahankan Nutrisi Pada Makanan Saat Dimasak

Berikut Cara Mempertahankan Nutrisi Pada Makanan Saat Dimasak

Berikut Cara Mempertahankan Nutrisi Pada Makanan Saat Dimasak

Jika anda sedang berupaya untuk makan dengan lebih sehat, maka kemungkinan anda harus belajar untuk menyiapkan makanan sendiri. Pasalmya makanan yang di masak sendiri jauh lebih terjamin kehigienisannya. Kita juga bisa menghitung sendiri nilai gizi dalam sepiring makanan yang tersaji.

Namun makanan yang di masak sendiri dengan bahan-bahan bergizi pun bisa menyebabkan nilai kandungan nutrisi dapat menjadi hilang jika di olah dengan cara yang salah. Proses memasak yang panjang dan melibatkan pemanasan, sering membuat kandungan nutrisi pada bahan makanan dengan kandungan vitamin B1, vitamin C dan polifenol menjadi mudah rusak.

Berikut Cara Mempertahankan Nutrisi Pada Makanan Saat Dimasak

Agar dapat menghindari hal semacam ini ada beberapa tips yang dapat kita coba di saat memasak hidangan makanan, Mari kita  bahas lebih lengkapnya di bahwa ini.

1. Masak Dengan Lemak
Mengkonsumsi sayuran yang di kukus memang terlihat jauh lebih bergizi dari pada di goreng. Untuk meningkatkan nilai gizinya kita bisa menambahkan sedikit lemak sehat. Beberapa jenis nutrisi seperti vitamin D, vitamin K dan beta-karoten.

Pilihlah lemak sehat yang terkandung seperti di dalam ikan berminyak, avokad, atau minyak zaitun agar bisa mengikat nutrisi pada sayuran yang di kukus. Selain nutrisinya akan tetap utuh, rasanya pun akan menjadi lebih menggoda selera.

2. Biarkan Tetap Mentah
sayuran yang berwarna hijau gelap seperti brokoli, kubis, kembang kolm dan kale mengandung bahan kimia anti kanker kuat yang disebut dengan glukosinolat. Kelompok sayuran ini juga mengandung enzim yang diebut dengan myrosinase. Fungsinya adalah menjauhkan bakteri, jamur dan organisme berbahaya lainnya dari dalam tubuh.

Memasak sayuran jenis ini dapat menghancurkan enzim dan senyawa sehat yang baru dilepaskan saat tanaman di kunyah atau di hancurkan. Jadi solusi terbaiknya adalah mengkonsumsinya dalam keadaan mentah.

3. Gunakan Sedikit Air Saat Memasak
Tahukah anda bahwa ketika anda memasak sayuran di dalam air, maka nutrisinya akan larut di dalam air rebusan? Anda bisa melihat buktinya dari warna sayuran yang menjadi pudar dan air menjadi keruh.

Untuk mencegah hilangnya nutrisi sayuran, gantikan proses perebusan dengan mengkukus. Meyiram sayuran dengan air mendirih sekali saja atau memanggangnya di dalam microwave juga bisa membantu mempertahankan kandungan nutrisi menjadi lebih baik.

4. Konsumsilah Selagi Segar
Sayuran, buah-buahan dan protein hewani yang masih segar tidak hanya terasa enak. Nutrisinya juga masih terjaga 100 persen. Lain halnya dengan bahan makanan yang sudah di bekukan atau disimpan selama berhari-hari.

Semakin segar sayuran saat anda mengkonsumsinya, semakin banyak nutrisi yang bisa diperoleh darinya. Jadi jangan biasakan menumpuk bahan makanan yang masih segar terlalu banyak.

5. Tambahkan Perasan Air Jeruk Untuk Meningkatkan Penyerapan Zat Besi
Sayuran seperti brokoli, kale dan bayam memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Namun nutrisi yang satu ini juga sangat mudah rusak oleh proses pemanasan. Apalagi proses pemanasan yang berulang. Untuk menjaga nutrisi dalam sayuran sumber zat besi, tambahkan perasan air jeruk lemon, limau grapefruit atau buah genus citrus. buah-buahan yang kaya akan vitamin C akan meningkatkan penyerapan zat bsi nonheme.

6. Kombinasikan Makanan Matang Dan Mentah
Serang pakar kesehatan menyarankan untuk melakukan diet campuran dari sayuran mentah dan matang, karena ada alasan bahwa memasak dapat mengurangi bebreapa kandungan nutrisi.

Konsep ini berlaku dalam kasus sayuran dan rempah-rempahan seperti bayam, wotel lada serta sayuran dan buah-buahan yang mengandung vitamin C.

Jika vitamin C dan vitamin B1 serta sayuran kaya folat di masak atau di panaskan maka mereka mulai kehilangan beberapa nutrisi. di sisi lain memasak wortel dapat membantu mempertahankan senyawa antioksidan di dalamnya terutama karetenoid.

Tomat dan jamur juga harus di masak. Memasak tomat memecah lipopen yang dapat melawan kanker dan mencegah penyakit jantung.

Itulah bebreapa tips sederhana untuk mempertahankan nutrisi pada bahan makanan saat anda memasaknya.

Baca Juga Artikel Lainnya:

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.