LiveChat

Rabu, 21 November 2018

Ini Dia Fakta Menarik Dari Sistem Kekebalan Tubuh

Ini Dia Fakta Menarik Dari Sistem Kekebalan Tubuh

Ini Dia Fakta Menarik Dari Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh atau imunitas yang bekerja di dalam tubuh manusia bisa di ibaratkan seperti pasukan militer yang memiliki tugas untuk melindungi tubuh dari segala jenis ancaman baik dari dalam maupun luar tubuh.

Imunitas ini sebenarnya terdiri dari bermacam-macam kelenjar dan sel yang bekerja secara stimulan atau perisai tubuh. Dan kali ini Tips Orang Sehat akan memberikan sedikit pengetahuan mengenai sistem kekebalan tubuh.

Ini Dia Fakta Menarik Dari Sistem Kekebalan Tubuh

1. Terdiri Dari 5 Liter Darah Dan Getah Bening
Sistem kekebalan tubuh merupakan sistem pertahanan yang kompleks serta di dukung oleh lima liter darah dan getah bening. Getah bening merupakan cairan yang jernih dan tidak berwarna yang mengalir ke seluruh jaringan tubuh.

Kedua cairan ini bersama-sama mengangkut semua elemen sistem kekebalan sehingga masing-masing dapat menjalankan fungsinya untuk melindungi tubuh.

2. Leukosit Di Ibaratkan Seperti Ksatria Putih Pembunuh Dan Pemakan Musuh
Seperti ksatria yang membunuh kerajaan, sel-sel darah putih juga maju kedalam medan perang saat tubuh dalam ancaman bahaya.

Ada tedapat dua jenis sel darah putih, yang pertama fagosit dan yang kedua adalah limfosit. FAgosit dapat bergerak melalui pembuluh darah dan jaringan untuk menelan dan menyerap organisme yang dapat menyebabkan datangnya penyakit, patogen dan racun.

Terkadang ketika fagosit telah menyerap patogen, ia akan mengirim zat kimia yang dapat membantu limfosit untuk mengindentifikasi jenis patogen. Setiap patogen membawa jenis antigen tertentu, dan setiap linfosit di tubuh anda membawa antibodi yang di maksud untuk melawan antigen bawaan patogen.

3. Tubuh Bisa Menciptakan Antibodi Baru Setiap Kali Terinfeksi Antigen Baru
Layaknya jenderal yang terus-menerus memperbaharui strategi setiap seranga yang ada, tubuh juga menyesuaikan diri dengan menciptakan antibodi baru setiap kali terinfeksi antigen baru.

Jika antigen yang sama menginfeksi anda untuk kedua kalinya, tubuh anda dapat dengan cepat membuat salinan antibodi yang seusai untuk memusnahkannya.

Satu tetes darah dapat mengandung hingga 25.000 sel darah putih. Tetapu para prajurit pembeerani ini hanya hidup hingga beberapa minggu, jadi mereka harus selalu diperbaharui.

4. Deman Dan Peradangan Merupakan Pertanda Baik
Terserang deman dan peradangan memang sangat tidak meneyenangkan, tetapi itu adalah pertanda bahwa tubuh anda melakukan tugasnya dengan baik. Demam melepaskan sel darah putih, meningkatkan metabolisme tertentu untuk berkembang biak.

Peradangan terjadi ketika masing-masing sel rusak melepaskan histamin. Histamin menyebabkan dinding sel menjadi besar. Inilah yang menjadi pemicu munculnya ruam, panas, nyeri dan pembengakan radang, akibatnya tubuh anda akan membatasi efek iritasi.

5. Sistem Imun Juga Bisa Mengalami Stres
Jika anda pernah melakukan aktivitas padat selama seharian dan tiba-tiba anda sakit, ini merupakan akibat dari sistem kekebalan anda sedang memberi sinyal bahaya.

Jika anda tidak tidur lebih dari lima jam setiap malamnya, sistem kekebalan anda bisa menjadi depresi. Kondisi ini membuat anda lebih rentan terjangkit flu dan infeksi.

6.Sinar Matahari Secukupnya Sangat Baik, Namun Terlalu Banyak Juga Bisa Merusak Sistem Kekebalan
Paparan sinar matahari sangat penting untuk tubuh dalam memproduksi vitamin D. Vitamin ini dapat membantu menangkal berbagai hal buruk seperti depresi, penyakit jantung dan beberapa jenis kanker. Namun terlalu banyak sinar matahari uga dapat menyebabkan kerusakan temporer pada sistem kekebalan anda yang mengarah pada terjangkitnya kanker kulit.

Perlu kita ingat bahwa sinar matahari baik untuk sistem kekebalan tubuh, namun anda tetap perlu melindungi kulit dari sinar ultraviolet. Pakar perawatan kulit juga merekomendasikan pemakaian tabir surya dengan perlindungan terhadap UV A dan UV B.

Ketika matahari sangat kuat, anda juga harus menggunakan pakaian pelindung. Selain itu tetaplah berada di tempat teduh ketika sinar matahari paling terik yaitu sekitar jam 10 sampai jam 2 siang.

7. Stres Juga Bisa Merusak Sistem Kekebalan
Stres memiliki efek yang signifikan pada sistem kekebalan tubuh anda. Selama stres, tubuh menjalankan perintah untuk mengeluarkan hormon kortisol, adrenalin dan hormon stres lainnya dari kelenjar adrenal. Bersama-sama mereka dapat membantu tubuh anda mengatasi stres.

Pada normalnya, kortisol sangat berguna karena dapat mengurangi peradangan dalam tubuh yang dihasilkan dari respon imunitas yang di picu stres. Tetapi jika seseorang mengalami stres akut, hormo stres juga dapat mempengaruhi fungsi tubuh seiring berjalannya waktu.

8. Tertawa Dapat Memabntu Sistem Kekebalan Tubuh Anda
Pepatah mengatakan bahwa tertawa merupakan obat terabik dan ini ada benarnya juga. Tertawa dapat melepaskan dopamin dan bahan kimia yang dapat membuat otak mengurangi tingakat stres.

Dua puluh menit tertawa tidak dapat menjauhkan kita dari dokter, namun kegiatan ini dapat membantu sistem kekebalan tubuh kita berfungsi dengan baik.

9. Kadang Sistem Kekebalan Juga Bisa Menyebabkan Penyakit
Kadang-kadang sistem kekebalan tubuh anda menyerang jaringan di dalam tubuh dan menyebabkan suatu penyakit. Kondisi ini disebut dengan gangguan autoimun.

Gangguan autoimun adalah ketika tubuh keliru menyerang jaringan sehat. Hal ini terjadi pada sejumlah penyakit autoimun seperti multiple sclerosis, lupus, rhaumatoid arthritis dan psoriasis. Penyakit seperti ini dapat diobati dengan obat-obatan bersifat menekan sistem kekebalan tubuh.

10. Bakteri Tidak Selamanya Jahat
Usus manusia di penuhi oleh banyak bakteri yang dapat membantu mencerna makanan. Namun bakteri di luar tubuh anda biasanya dianggap sebagai hal yang buruk. Meski pendapat tersebut ada ebnarnya, anda juga perlu bakteri dari luar agar tetap sehat.

Sistem kekebalan tubuh kita ini hebat dalam beradaptasi, itulah sebabnya mengapa manusia bisa bertahan tinggal di bumi begitu lamanya. Setelah tubuh anda bersentuhan dengan zat asing, ia akan menyerang dan mengikatnya. Jika zat asing itu kembali, tubuh anda tahu apa yang anda harus lakukan. Seperti itulah perlindungan yang di terapkan kekebalan terhadap diri anda.

Dan itulah beberapa fakta unik mengenai sistem kekebalan tubuh manusia. Agar kita bisa menjaga fungsi sistem kekebalan tubuh ini dengan baikm anda bisa menyokongnya dengan menjalani gaya hidup sehat, tidur yang cukup, makan-makanan bergizi menjaga kebersihan dan melakukan aktivitas fisik seperti olahraga dengan rutin.

Baca Juga Artikel Lainnya:

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.