LiveChat

Sabtu, 17 November 2018

Beberapa Jenis Makanan Yang Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Saat Musim Penghujan Tiba

Beberapa Jenis Makanan Yang Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Saat Musim Penghujan Tiba

Beberapa Jenis Makanan Yang Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Saat Musim Penghujan Tiba

Musim hujan sarat dengan timbulnya berbagai macam penyakit akibat udara di sekitar yang lembab. Keadaan ini snagat cocok untuk berkembangbiak virus, mikroba yang dapat membahayakan kesehatan.

Kita dapat mencegah hal di atas terjadi dengan mengkonsumsi makanan yang bernilai gizi tinggi dan bervitamin. Berikut Tips Orang Sehat akan membahas mengenai beberapa jenis makanan yang dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh di saat musim penghujan tiba.

Beberapa Jenis Makanan Yang Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Saat Musim Penghujan Tiba

1. Bawang Merah dan Bawang Putih
Bawang merah dan bawang putih mengandung beberapa senyawa antioksidan yang bisa menangkal sejumlah virus dan bakteri. Dengan demikian dapat mencegah infeksi dan dapat menurunkan resiko terhadap beberapa jenis penyakit berbahaya.

Terutama bawang putih mengandung senyawa allicin yang ampuh untuk mencegah berbagai serangan penyakit. Khasiatnya paling bagus jika dalam keadaan mentah.

2. Berbagai Jenis Buah Jeruk
Buah jeruk dari golongan sitrus seperti jeruk keprokm grapefruit, jeruk nipis hingga lemon merupakan salah satu sumber utama dari vitamin C. Vitamin C juga memiliki peranan penting untuk menjaga imunitas.

Tidak hanya itu sajam jeruk-jerukan mengandung leih dari delapan ribu flavanoid, kalium, asam folat dan serat. Jeruk juga dapat mencegah penyakit kardiovaskular, inflamasi, dan serangan kanker.

3. Teh Hijau Hangat
Teh Hijau merupakan bahan makanan yang kaya akan kandungan antioksidan berkat EGCG ((epigallocatechin gallate) yang tinggi, EGCG sudah terbukti dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Teh hijau juga merupakan sumber asam amino L-theanine yang baik untuk tubuh. L-theanine dapat membantu dalam produksi senyawa antikuman di sel T manusia.

Polifenol, flavanoid, dan ketekin di dalamnya terbukti dapat melawan radikla bebas yang dapat merusak sel dan meningkatkan rerspon sistem kekebalan tubuh.

Selain itu teh hijau juga dapat membantu menenangkan tenggorokan dan membantutubuh agar tetap hangat.

4. Yogurt
Probiotik mengandung bakteri sehat yang hidup didalam susu fermentasi semacam yogurt, dan dapat merangsang sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit. Semua jenis probiotik sebenarnya sangat bermanfaat, namun jenis terbaik adalah lactobacillus yang telah terbukti dapat menstimulasi sel darah putih.

Lebih baik lai jika anda menemukan produk yogurt yang juga diperkaya dengan vitamin D. Pasalnya kadar vitamun D yang rendah dipercaya berkaitan dengan peningkatan resiko terkena flu.

5. Sup Ayam
Daging Unggas seperti ayam, itik dan kalkun tinggi kan kandungan vitamin B6. Rata-rata dari 300 gram daging ayam sudah bisa memenuhi lima puluh persen kebutuhan harian vitamin B6 yang di sarankan. Vitamin B6 sangat penting untuk pembentukkan sel darah merah dan membantu melancarkan reaksi kimia tubuh.

Kaldu yang di buat dengan merebus tulang ayam mengandung galatin, chondroitin, dan nutrisi lain yang bermanfaat untuk penyembuhan usus dan kekebalan tubuh. Kaldu ayam juga menyediakan cairan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh semasa terkena serangan flu.

Sementara garam dapat menbantu menjaga saluran hidung agar tetap bersih dan selaput lendir menjadi semakin menpis. Manfaat ini hampir sama dengan meminum obat batuk.

Jika anda meminum kaldunya elagi panas, kuah sup ayam juga bisa bertindak seabgai dekongestan alami karena uap panasnya.

6. Jahe
Jahe dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Jahe juga berguna untuk sistem pencernaan, mencegahinflamasi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jahe juga dapat membantu menghilangkan racun di dalam organ dalam yang berakibat pada rentan terkena infeksi. Anda juga dapat meminum jahe dan lemon atau jeruk nipis di pagi hari untuk mencegah flu.

7. Pepaya
Salah satu jenis buh yang satu ini kaya akan kanudngan vitamin C. Satu buah pepaua mengandung 224 persen jumlah vitamin C yang disarankan untuk dikonsumsi setiap hari.

Pepaya juga mengandung enzim pencernaan yaitu papain yang berfungsi sebagai antiinflamasi. tidak hanya itu, pepaya juga mengandung kalium, vitamin B, folat yang semua bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

8. Kerang
Mungkin kerangbukan merupakan jenis makanan yang biasa di rekomendasikan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dari serangan virus flu. Padahal kerang kaya akan seng yang diperlukan sel-sel kekebalan tubuh agar dapat berfungsi dengan baik.

Meski demikian, sen tidak disarankan untuk dikonusmsi melebihi jumlah yang di sarankan. Pria dewasa ukurannya adalah 11 miligram, sementara wanita membutuhkan 8 miligram. Pasalnya terlalu banyak seng juga dapat menghambat fungsi sistem kekebalan.

9. Madu
Madu memiliki efek antibakteri yang kuat berkat kadnungan senyawa anti-mikrobanya yang tinggi. Beberapa bukti menunjukkan bahwa madu juga dapat menstimulasi sistem kekebalan tubuh. Kualitas ini saja dapat membuat madumenjadi makanan yang sangat baik untuk di makan ketika anda sakit, terutama jika anda mengalami sakit tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi bakteri.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa madu bermanfaat untuk membantu penyembuhan batuk pada anak-anak. Namun harus di ingat bahwa madu tida boleh diberikan kepada anak-anak di bawah 1 tahun.

Campurkan sekitar setengah sendok madu dengan segelas susu hangat, air atau secangkir teh. Ini merupakan minuman antibakteri yang dapat menghidrasi tubuh, mengurangi batuk dan menenangkan tenggorokan.

10. Ubi Ungu
Umbi-umbian seperti ubi ungu mengandung antosianin tinggi dan sangat baik untuk dimakan ketika sakit karena memiliki efek anti-inflamasi, antiviral dan mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

Beberapa penelitian juga menemukan bahwa antosianin dapat menghambat virus dan bateri agar tidak bisa menempel pada sel. Antioksidan ini juga dapat memberikan stimulasi respon imunitas tubuh.

Itulah beberapa jenis makanan yagn bisa membantu untuk meningkatkan kekebalan dan melawan penyakit di musim hujan. Konsumsi secara teratur dalam jumlah yang disarankan akan mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Baca Juga Artikel Lainnya:

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.