LiveChat

Jumat, 16 November 2018

Beberapa Jenis Makanan Peningkat Daya Tahan Tubuh

Beberapa Jenis Makanan Peningkat Daya Tahan Tubuh

Beberapa Jenis Makanan Peningkat Daya Tahan Tubuh

Musim penghujan diidentikan dengan waktu yang tepat untuk berkembangbiaknya bakteri, oleh karena itu di saat musim hujan tubuh lebih rentan terkena penyakit. dalam kondisi ini tubuh memerlukan nutrisi dan makanan bergizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Makanan bergizi yang di maksud adalah tidak hanya protein dan karbohidrat saja. Vitamin dan antioksidan juga sangat diperlukan oleh tubuh untuk meningkatkan imunitas.

Beberapa Jenis Makanan Peningkat Daya Tahan Tubuh

Berikut Tips Orang Sehat akan membahas beberapa jenis makanan peningkat daya tahan tubuh di saat msuim penghujan tiba.

1. Cabai
Cabai mengandung senyawa Capsaicin yang membuat cabai terasa pedas ketika dimakan. Senyawa ini bertindak sebagai anti peradangan atau anti-inflamasi.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa cabai mampu meningkatkan metabolisme tubuh. Untuk mengkonsumsinya anda hanya perlu menambahkan beberapa potong cabai dalam makanan yang akan di makan.

2. Lemon
Salah satu senyawa yang terkandung di dalam buah lemon adalah bio-flavanoid. Senyawa ini terkenal dengan kemampuannya melawan radikal bebas penyebab kanker.

Tidak hanya itu saja, lemon juga kaya dengan kandungan vitamin C. Mengkonsumsi lemon setiap hari juga menjadi salah satu cara untuk melindungi diri dari serangan flu atau infeksi lainnya di saat musim hujan tiba.

3. Apel
Penelitian yang di lakukan di tahun 2015 lalu menyatakan bahwa orang yang suka makan satu buah apel perhari lebih jarang terserang penyakit.

Selain itu, penelitian di Inggris juga menemukan bahwa orang yang rutin memakan apel jarang terkena serangan asma. Hal ini disebabkan oleh kandungan flavanoid dalam buah apel yang di sebut dengan Khellin. Sebagai tambahan buah apel juga kaya akan serat yang dapat membantu mengatasi peradangan selama masa infeksi.

4. Sup Ayam
Sup ayam sudah dikenal menjadi salah satu obat herbal yang memiliki rasa nikmat. Dalam beberapa penelitian menyebutkan bahwa sup ayam terbukti mampu meredakan gejala flu.

Kemampuan ini dikarenakan kaldu hangat yang mengakibatkan lendir di hidung menjadi menipis sehingga lebih mudah dibersihkan.

5. Bawang Putih
Bawang putih memiliki aroma khas, yang terkadang membuat beberapa orang menghindari baunya. Namun tidak di sangka bahwa aroma bawang putih ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Aroma menyengat yang di milikinya berasal dari senyawa belerang, termasuk alicin. Para ilmuwan meyakini senyawa tersebut bisa menghindari enzim yang terkait dengan infeksi.

Beberapa penelitian juga menujukkan bahwa menelan bawang putih bisa menangkal masuk angin dan beberapa penelitian juga menghubungkan asupan bawang putih dapat menurunkan resiko terkena kanker perut, usus dan esofagus.

6. Jahe
Jahe memiliki kandungan antioksidan dan sifat anti-inflamasi. Dari 60 penelitian yang pernah dilakukan terkait jahe ini menemukan bahwa jahe memiliki keuntunghan jika di konsumsi oleh para penderita obesitas, penyakit jantung dan diabetes.

Jahe juga dikenal mengandung senyawa untuk menjaga daya tahan tubuh seperti betakroten dan capsaicin.

Baca Juga Artikel Lainnya:

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.