LiveChat

Selasa, 16 Oktober 2018

Cara Mudah Menghilangkan Stres Secara Efektif

Cara Mudah Menghilangkan Stres Secara Efektif

Cara Mudah Menghilangkan Stres Secara Efektif

Setiap manusia pasti pernah mengalami yang namanya stres, entah itu stres dengan level ringan atau stres akut. Gangguan mental ini tidak hanya berdampak pada kondisi psikis. Stres juga bisa berpengaruh pada berat badan, kehidupan seksual, kerontokan rambut dan penyakit kronis. Karena itu jangan abaikan jika anda di landa stres. Segeralah cari tahu penyebab dan cara terbaik untuk menghilangkan stres tersebut.

Stres berat dan berkepanjangan biasanya dipicu oleh penyebab yang konstan. Oleh karena itu cara terbaik untuk mengatasinya adalah mengenal penyebab stres tersebut. Dan saat ini Tips Orang Sehat akan berbagi cara ampuh menghilangkan stres yang sangat mudah untuk di praktekan, berikut ulasannya di bawah ini.


1. Mencoba Olahraga Lari
menurut hasil penlitian, olahraga lari dapat membantu memperbaiki mood, meningkatkan produksi endorphin atau hormin bahagia, dan membantu menyalurkan pikiran-pikiran negtif dengan cara sehat.

2. Belajar Yoga
teknik pernapasan dan medirasi dalam yoga sudah terbuktu ampuh untuk memperbaiki mood bagi para penderita stres dan depresi. Cobalah rutin melakukan yoga, minimal melakukan pose-pose penangkal stres seperti sukhasana, childs pose, triangle pose atau camel pose.

3. Puasa Bermain Gadget
Penelitian di University of Californua menemukan bahwa mengecek email setiap saat mampu menyebabkan stres. Penggunaan internet yang sangat aktif juga 5 kali lebih rentan terhadap depresi. jadi ketika anda merasa stres, ada baiknya mengurangi kontak dengan gadget.

4. Menulis Jurnal Atau Diary
Penelitian di tahun 2010 yang diterbitkan dalam Anxiety, Stres, dan Coping menmukan fakta bahwa menulis bisa menurunkan kadar stres.

5. Kurangi Konsumsi Gula, Kafein Dan Daging Merah
Meskipun terlihat remeh, membatasi konsumsi ketiga makanan ini meruoakan cara menghilangkan stres yang cukup efektif. Dalam porsi yang berlebihan Gula, kafeinm dan daging merah dapat meningkatkan hormon stres serta dapat memicu kegelisahan.

6. Memelihara Binatang
Nerinteraksi dengan biatang bisa membantu tubuh untuk melepaskan hormon oxytocin dan menurunkan level kortisol.

7. Meminta Medikasi Dari Psikiater
Jika stres berat sudah mengarah pada depresi, ada baiknya jika anda mengunjungi psikiater untuk mendapatkan penanganan ahlinya. Biasanya pasien juga akan dibekali dengan obat untuk mengatasi depresi.

Cara Mudah Menghilangkan Stres Secara Efektif

Stres pada ibu hamil juga dapat berpengaruh terhadap perkembangan janin. Jika tidak segera diatasi bahkan bisa menyebabkan komlikasi saat melahirkan. Karena itu stres pada ibu hamil harus segera ditangani. Untuk pertolongan pertamanya berikut kita akan membahasnya di bawah ini.

1. Pijat selama 15 menit, Internasional Journal of Neuriscience melaporkan bahwa pijat sendiri selama 15 menit 2 kali dalam seminggu dapat menurunkan tingkat stres dan menenangkan sistem saraf.

2. Minum teh chamomile hangat sangat berkhasiat untuk melepaskan ketegangan uang ada di dalam tubuh. Sifat menenangkan dalam chamomile juga dapat membantu ibu hamil agar tidur lebih nyenyak.

3. Konsusi air jahe. Jahe mengandung zat antioksidan yang disbeut dengan gingerrol yang meiliki kemampuan menenangkan tubuh di saat stres melanda.

4. Tidur nyenyak yang berkualitas atau REM sleep mampu menurunkan tingkat hormon stres di dalam tubuh.

5. Aktifitas fisik ringan seperti berjalan kaki juga bisa meningkatkan hormon endorphin dan mengurangi bengkak di kaki. Sementar paparan sinar matahari pagi akan merangksang otak untuk melepaskan serotonin dan meningkatkan ketegangan.

6. Membaca selama 5 menit saja sudah bisa menurunkan stres hingga 68 persen.


Cara Mudah Menurunkan Stres Di Saat Ibu Menyusui.

1. Istirahat yang cukup meski tangisan bayi kerap membuat ibu sulit untuk beristirahat, usahakan tetap menerapkan porsi istirahat yang cukup. Kurangnya waktu tidur bisa mengacaukan mood dan meningkatkan resiko baby blues.

2. Konsumsi minyak ikan, ternyata selain beristirahat dengan cukup, mengkonsumsi minyak ikan yang kaya akan asam lemak Omega 3 juga mampu meredakan tingkat stres.

3. Minum air seduhan daun mint. Sifat anti-inflamasi, antiosidan dan stimulan sehat dimiliki daun mint bisa membantu menenangkan tubuh dan pikiran. Daun mint juga berguna untuk menyeimbangkan hormon, menurunkan stres dan mengurani kecemasan.

4. Streching ringan. Peregangan ringan berfungsi untuk membantu melemaskan otot, meningkatkan endeorphin dan melepaskan ketegangan.

5. Meghirup aroma terapi. Aroma yang bersifat menenangkan seperti Lavender, rosemary, pappermint dan vanilla juga cocok untuk meredakan stres pada ibu menyusui.


Cara Menghilangkan Stres Saat Kerja

Pekerjaan di kantor atau di lapangan seringkali mengakibatkan stres. Otot terasa tegang, begitu juga dengan saraf-saraf di kepala. Jika sudah seperti ini kita perlu metode manajemen stres yang bisa diterapkan setiap hari.

Berikut cara-cara menghilangkan stres di tempat kerja yang bisa anda lakukan.

1. Tarik napas dalam-dalam. Menarik dan melepaskan napas secara perlahan merupakan teknik pernapasan dalam meditasi sederhana yang mampu meredakan amarah sekaligus stres.

2. Minun air putih. Meneguk segelas air putih merupakan salah satu cara meredakan stres yang paling mudah sekaligus efektif. Pasalnya dehidrasi bisa meningkatkan stres dan kegelisahan. Jadi pastikan anda selalu mengkonsumsi air dalam jumlah cukup.

3. Mendegnar musik selama 30 menit.
Penelitian di Journal of Advanced Nursing menemukan bukti bahwa pasien yang mendengarkan lagu pilihan mereka lebih merasa tenang  ketika akan menghadapi operasi. Bergerak sesuai dengan irama lagu juga semkain menambah emosi positif dan memicu produksi hormon endhorphin.

4. Tersenyum atau tertawa. Menurut salah satu jurnal ilmiah, memaksa merangsang otak untuk melepaskan ketegangan. Lebih baik lagi jika anda tertawa dengan rekan-rekan di kantor.

5. Istirahatlah diluar ruangan. Istirahat sejenak dari pekerjaan yang menguras energi dan pikiran itu sangat diperlukan. lakukan hal ini diluar rungan agar banda bisa berganti suasana. Jalan kaki sedikit juga sangat baik untuk melemaskan otot dan merefresh pikiran.

Dan itulah beberapa cara menurunkan tingkat stres yang anda alami bagaimana pun kondisinya. Semoga Artikel ini bisa bermanfaat.

Baca Juga Artikel Lainnya:

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.