LiveChat

Rabu, 17 Oktober 2018

Beberapa Penyebab Gatal Di Telinga

Beberapa Penyebab Gatal Di Telinga

Beberapa Penyebab Gatal Di Telinga

Telinga merupakan salah satu indra pendengaran yang sangat penting untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Telinga juga di penuhi dengan serat-serat neurol yang super sensitif, dan merupakan hal yang wajar jika sesekali kita merasakan gatal di area telinga. Namun rasa gatal yang terlalu sering ada baiknya jangan di abaikan begitu saja. Bisa jati ini adalh pertanda dari gangguan kesehatan telinga yang lebih serius.

Dan kali ini Tips Orang Sehat akan membahas beberapa kemungkinan penyebab munculnya rasa gatal di telinga.

1. Infeksi Bakteri Setelah Berenang
Di saat berenang, terkadang telinga tidak segaja kemasukan air. Air yang masuk ke dalam saluran telinga dapat menyebabkan infeksi. Ini karena kondisi telinga akan menjadi lembab dan bisa menjadi tempat berkembang biaknya bakteri. Jangan lupa untuk mengeringkan telinga setelah berenang agar kondisinya tetap kering.

2. Kotoran Telinga
Kotoran telinga sebenarnya tidak perlu sering di bersihkan. Justru semakin sering membersihkan telinga dapat menyebabkan infeksi, gatal, sakit telingam atau bahkan menurunkan sistem imunitas tubuh. Jadi ada baiknya jangan terlalu sering membersihkan telinga, karena sebenarnya kotoran telinga berfungsi untuk melindungi tubuh dari kuman yang masuk.

Beberapa Penyebab Gatal Di Telinga

3. Penggunaan Headset Dan Alat Lainnya
Penggunaan alat bantu dengar seperti headset dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan rasa gatal. Ini  bisa terjadi kemungkinan karena adanya alergi teradap plastik. Selain itu, tekanan yang diberikan oleh bentuk headset tertentu yang tidak pas juga bisa menimbulkan rasa gatal pada telinga.

4. Penyakit Kulit
Masalah kulit seperti eksema, psoriasis atau dematitis seboroik dan kekeringan dapat menyebabkan telinga menjadi gatal. Kekeringan telinga juga dapat diobati dengan minyak zaitun. Sedangkan eksim dan prioritas biasanya diobati dengan steroid.

5. Alergi Debu
Beberapa hal seperti debu dan serbuk sari dapat menyebabkan telinga menjadi gatal. Ini juga di kenal dengan sindrom alergi oral.

Demikian berbagai kemungkinan penyebab rasa gatal di telinga. Untuk mencegah gangguan kesehatan ringan ini dipastikan untuk menhaga kebersihan telinga setiap saat.

aca Juga Artikel Lainnya:

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.