LiveChat

Jumat, 19 Oktober 2018

Ternyata Ini Alasan Mengapa Ikan Segar Harus Diawetkan Menggunakan Es Batu

Ternyata Ini Alasan Mengapa Ikan Segar Harus Diawetkan Menggunakan Es Batu

Ternyata Ini Alasan Mengapa Ikan Segar Harus Diawetkan Menggunakan Es Batu

Tidak sedikit para penggmar ikan di Indonesia yang meyakini bahwa jika ikan sudah di awetkan menggunakan es batu atau di bekukan, mereka menganggap bahwa tersebut sudah tidak segar lagi. Padahal mendinginkan makanan laut segera setelah di ditangkap merupakan salah satu prosedur yang sangat di sarankan.

Mengapa demikian? Prosedur ini dinamakan sistem rantai dingin (Cold Chain System). Proses pendinginan dilakukan begitu ikan di tangkap hingga siap dipasarkan. Mari kita simak beberapa alasannya di bawah ini.

Ternyata Ini Alasan Mengapa Ikan Segar Harus Diawetkan Menggunakan Es Batu

1. Pengawetan Menggunakan Pendinginan Dapat Menjaga Kandungan Asam Lemak Dan Protein
Ketua Umum Asosiasi Rantai Pendingin Indonesia (ARPI), Hasnuddin Yasni mengutarakan bahwa pada prinsipnya ikan beku lebih aman di konsumsi. Hal ini dapat dipengaruhi oleh efek dari es batu yang digunakan untuk menyimpan ikan.

"Setelah ikan di tangkap harus segera diturunkan suhunya dengan menggunakan es batu., sehingga kandungan asam lemak dan proteinnya bisa terjaga agar kondisinya tetap segar. Jika ikan di biarkan begitu saja tanpa adanya penurunan suhu makan akan terjadi oksidasi lemak.," ujar Hasanuddin.

Proses oksidasi lemak akan berdampak pada rusaknya protein yang terdapat pada ikan tersebut. Dipastikan kandungan gizinya pun ikut turun.

2. Menurunkan Resiko Kontaminasi Bakteri
Jika ikan tidak di dinginkan atau dibekukan, maka potensi bakteri atau mikroba akan semakin bertambah besar. Laporan jurnal berjudul Microbagical Fish Products in Egyptian Merket yang di publikasikan pada laman Ecronicon, Desember 2017 menuliskan bahwa ikan akan mengalami perubahan karena terkontaminasi mikroba. Pembusukan cepat akibat hasil dari denaturasi protein yang merupakan proses perubahan strukturprotein dan oksidasilipid (oksidasi asam lemak) yang menyebabkan hilangnya kualitas ikan.

Kandungan air pada ikan juga menjadi lebih tinggi. Adanya kandungan air ini berarti kandungan mikroba juga semakin tinggi. Suhu yang panas dan hangat juga dapat meningkatkan bakteri.

3. Harus Menggunakan Es Karena Ikan Perairan Tropis Lebih Mudah Busuk
Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat mencatat, ikan hasil tangkapan di perairan  tropis yang mana memiliki suhu hangat dapat dengan mudah meningkatkan jumlah bakteri jika tidak segera disimpan dalam es batu.

Kontaminasi bakteri dalam makanan sering mengakibatkan pembusukan makanan. Bahaya kesehatan yang mengancam jiwa, misalnya keracunan makanan (muntah-muntah, diare) dapat dialami.

Itulah demikian alasan mengapa ikan dan bahan laut lainnya harus disimpan dan didinginkan. Dengan proses ini, kandungan gizi juga bisa menjadi tetap terjaga dan resiko untuk mengalami keracunan akibat mikroba dapat di hindari.

Baca Juga Artikel Lainnya:

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.