LiveChat

Minggu, 14 Oktober 2018

Tips Menjaga Kesehatan Mata Dari Cahaya Gadget

Tips Menjaga Kesehatan Mata Dari Cahaya Gadget

Tips Menjaga Kesehatan Mata Dari Cahaya Gadget

Saat ini kita berada di dunia modern yang tentunya pasti akan sulit terhindar dari berbagai macam penggunaan gadget. Perangkat elektronik seperti smartphone, komputer, laptop sudah menjadi bagian dari keseharian sebagian besar dari kita. Tentu sinar yang dipancarkan berbagai macam gadget ini dapat menimbulkan dampak negatif.

Kebiasaan kita menatap layar secara intens bisa memberikan ancaman kesehatan pada mata kita. Tidak hanya dapat merusaka mata, dampak terburuknya juga bisa menurunkan tingkat produktivitas loh.

Dokter Natahn Bonilla-Warlord, Od yang merupakan seorang penyedia layanan kesehatan dari Florida, Amerika Serikat menyebutkan ada beberapa tips menjaga kesehatan mata dari cahaya gadget, apasaja? Mari kita bahas di bawah ini.

Tips Menjaga Kesehatan Mata Dari Cahaya Gadget

1. Menciptakan Kondisi Senyaman Mungkin Agar Mata Tidak Mudah Stres

Anda dapat menyesuaikan lingkungan dikala menggunakan perangkat digital agar mata bisa menjadi lebih sehat. Jika memungkinkan gunakanlah layar monitor besar untuk mengurangi ketegangan mata.

Pastikan kursi berada di dekat komputer dan duduk dengan dukungan yang memadai untuk menyangga bagian punggung agar terasa lebih nyaman.


Selain itu pastikan juga bahwa anda merasa dalam kondisi nyaman sebelum menggunakan perangkat gadget. Hal ini dipastikan akan mengurani tingkat stres pada mata akibat dari sudut pandang yang paling baik.

2. Arahkan Pencahayaan Kepada Objek

Sumber pencahayaan tidak hanya bersumber dari komputer saja, namun juga ruangan. Pastikan cahaya tidak berlebihan, karena bisa membuat mata menjadi iritasu dan menegang.

Apabila menggunakan lampu senja, pastikan lampu tersebut menyinari meja bukan anda yang disinari. Selain itu, cobalah duduk di samping jendela buka n di depan atau di belakang anda. Gunakan juga tirai layar untuk mengurangi silaunya cahaya yang masuk kemata. Posisika layar komputer untuk mengurangi pantulan dari jendela atau lampu di tas kepala.

3. Sesuaikan Jarak Dan Sudur Baca

Sesuaikan layar sehingga anda melihatnya sedikit kebawah,dan berjarak sekitar 24 hingga 28 inci atau sekitar 61-71 sentimeter.

Selain itu, tebgahnya harus berada di seitar 4 sampai 6 inci atau 6-15 sentimeter, di bawah mata anda. Pastikan layar cukup besar dan dengan tingkat kecerahan serta kontras yang tepat.

4. Perbesar Teks Di Layar
Bagi mereka yang memiliki masalah dengan penglihatan, memperbesar teks dan gambar di perangkat juga bisa membantu penglihatan. Hampir setiap perangkat bisa di sesuaikan untuk menampilkan teks yang lebih besar.

5. Sering Berkedip Dan Biasakan Beristirahat
Perangkat gadget memang bisa digunakan tanpa harus beristirahat, namun anda bukanlah mesin yang tidak membutuhkan waktu istirahat.

selain itu jangan lupa untuk berkedip. Ini merupakan cara mencuci mata secara alami. Jika anda memakai kacamata, pastikan memiliki lensa yang tepat untuk menggunakan gadget.

Dan itulah beberapa tips yang bisa kami berikan, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda para pembaca setia Tips Orang Sehat.

Baca Juga Artikel Lainnya: 

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.