LiveChat

Senin, 08 Oktober 2018

Manfaat Dari Kol Berwarna Ungu

Manfaat Dari Kol Berwarna Ungu

Manfaat Dari Kol Berwarna Ungu

Kubis atau yang baisa kita sebut dengan kol, saat ini semain beragam saja jenisnya. Yang lagi menjadi tren adalah kol berwarna ungu. Sebenarnya tidak sulit untuk mencari sayuran yang satu ini di pasa tradisional atau supermarket. Kol ungu ini semakin populer untuk di konsumsim dan kebanyakan orang pun tidak tahu ternyata banyak manfaat dari kol ungu ini bagi kesehatan tubuh.

Kol ungu kaya akan fotokimia, nutrisi, antioksidan, vitamin dan mineral yang terdiri dari thiamin, folat, kalsium, magnesium, mangan, riboflavin, zat besi, kalium, vitaminA, vitamin E, vitamin C, vitamin K dan vitamin E, vitamin C, serta serat-serat makanan. Satu porsi kol ungu atau seberat 70 gram mengandung 2 gram serat, 216 mg potasium, 51 mg vitamin C.

Baik kol merah maupun kol hijua sebenarnya sama-sama bergizi dan baik untuk kesehatan. hanya saja kol merah mengandung vitamin A sepuluh kali lebih banyak. Sebuah penelitian dari Agricultural Research service menemukan bukti bahwa kol ungu mengandung 36 jenis anthocyanin, sejenis flavanoid yang sangat baik bagi kesehatan manusia.

Manfaat Dari Kol Berwarna Ungu

Berikut Tips Orang Sehat akan membahas beberapa manfaat kesehatan dari mengkonsumsi kol ungu.

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Kol ungu kaya akana kandaungan vitamin C, antioksidan penting yang berperan dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Vitamin C menstimulasi aktivitas sel darah putih, sehingga dapat memperkuat sistem kekebalan dan melindungi dari kerusakan radikal bebas.

Dalam seporsi kol merah terkandung 51 mg vitamin C, sementara kol hijau hanya memiliki 37 mg vitamin C.

2. Mencegah Kanker
SAyuran ini memainkan pertan utama dalam pencegahan kanker. Hal ini disebabkan karena tingginya tingkat antioksidan seperti indoles dan anthocyanin yang ada di dalamnya.

36 jenis anthocyanin yang terkandung di dalamnya menjadikan kubis berwarna ungu. Semenara indoles berperan dalam menurunkan resiko kanker payudara pada wanita.

3. Membantu Dalam Penurunana Berat Badan
Mengkonsumsi kol ungu sangat baik untuk mereka yang sedang mencoba untuk diet atau sekedar menajga berat badan. Kol ungu sangat rendah akan kalori dan tinggi akan serat. Dengan demikian anda akan merasa kenyang lebih lama jika mengkonsumsinya. Nafsu makan pun menjadi lebih terkendali.

Di sisi lain, serat pada kol ungu juga baik untuk mereka yang bermasalah dengan sistem pencernaan. Bisa juga untuk membantu melancarkan buang air besar bagi pendeita konstipasi ringan.

4. Mencegah Arthritis dan Peradangan
Manurut The Arthritis Foundation, kol ungu sangat disarankan untuk di konsumsi setiap hari bagi penderita arthritis. Sayuran ini mengandung fitonutrien yang dapat membantu menurunkan peradangan kronis. Kol ungu mengandung senyawa yang disebut sulforaphane. Kandungan ini merupakan pembunuh perdangan yang sangat ampuh.

5. Mengobati Bisul
Sejumlah besar asam amino yang disebut glutamin ditemukan di dalam kol ungu. karena itulah sayuran ini sangat baik untuk mengobati perdangan yang terkait dengan sakit maag. Jus kol ungu juga bisa digunakan sebagai obat rumahan untuk mengobati maag.

6. Mengurani Resiko Osteoporosis
Sayuran yang satu ini mengandung magnesium, mangan, kalsium dan vitamin seperti vitamin K. Semua nutrisi ini diperlukan untuk pertumbuhan tulang agar lebih optimal serta menjaga kepadatan mineral tulang.

Dengan konsumsi kol ungu secara teratur, resiko arthritis, osteophorosis dan gangguan lainnya bisa dikurangi.

7. Meningkatkan Metabolisme
Metabolisme adalah mekanisme pengolahan kalori menjadi energi. Kubis merah dan kubis ungu merupakan salah satu jenis sayuran yang dapat membantu meningkakan metabolisme anda. Sayuran ini kaya akan vitamin B kompleks yang dapt membantu dalam melancarkan metabolisme di dalam sel.

Jika anda menderita hipertiroidisme disarankan agar menghindari kol ungu ini, karena sayuran cruciferous diketahui dapat mempengaruhi kelenjar tiroid. Dan itulah berrapa manfaat dari kol ungu untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga Artikel Lainnya: 

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.