LiveChat

Sabtu, 06 Oktober 2018

Beberapa Sayuran Dan Buah Merah Ini Dipercaya Memiliki Gizi Tinggi

Beberapa Sayuran Dan Buah Merah Ini Dipercaya Memiliki Gizi Tinggi

Beberapa Sayuran Dan Buah Merah Ini Dipercaya Memiliki Gizi Tinggi

Buah dan sayuran yang berwarna kuning, merah maupun hijau dipercaya sabagai bahan makanan yang memiliki kandungan gizi terbaik. warna kulit yang menyala, khususnya pada buah dan sayuran berwarna merah menjadi sebuah tanda atas banyaknya kandungan vitamin yang berlimpah.

Dalam kenyataannya sayuran dan buah-buahan yang memiliki warna merah memang mengandung banyak antioksidan kuat seperti antosianin, likopen, flavanoid dan resveratol. Antioskidan ini memiliki kemampuan ampuh untuk melawan penyakit jantung, kanker prostat serta dapat menurunkan resiko serangan stroke dan medegenerasi makula.

Agar ilmu pengetahuan kita akan gizi dan makanan semakin bertambah, mari kita jabarkan mengenai bebreapa kandungan gizi dalam sayur dan buah-buahan berwarna merah di bawah ini.

Beberapa Sayuran Dan Buah Merah Ini Dipercaya Memiliki Gizi Tinggi

1. Tomat Merah
Tomat dianggap sebagagai buah atau sebagai bahan sayuran. Bahan makanan yang saatu ini memiliki kandungan likopen yang tinggi. Likopen dapat membantu melawan kanker prostat, kanker kerongkongan dan kanker usus besar.

Perlu kita ketahui, likopen akan aktif dan berlipat khasiatnya kiga sudah diolah dengan proses pemanasan terlebih dahulu. Karena itulah kandungan likopen di dalam sup tomat lebih tinggi dari pada buah tomat yang segar.

2. Stroberi
Buah stoberi merupakan sumber folat, potasium dan vitamin C. Vitamin C adalah pembangkit antioksidan yang meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dan membantu menurunkan kolesterol jahat.

Sekitar 1 porsi stroberi atau 70 gramnya mengandung lebih banyak vitamin C dibandingkan dengan buah jeruk. Selain stroberi, buah-buah beri yang lain juga seperti blueberry, raspberry dan blackberry kaya akan vitamin C.

3. Cranberry
Cranberry diyakini dapat membantu mencegah ISK (Infeksi Saluran Kemih) dengan menghentikan bakteri yang menempel di dinding saluran kemih.

Nutrisi di dalam buah berukuran kecil ini juga dapat memberikan perlindungan bagi tubuh terhadap Hpylori, bakteri yang kerap menempel ke dinding lambung dapat menyebabkan sakit maag. Ini karena adanya antioksidan kuat yang disebut proanthocyanidin di dalam cranberry.

4. Ceri
Warna merah tua dari ceri menandakan kandungan nutrisinya yang begitu tinggi. Antosianin di dalam ceri memberi warna merah gelap dalam buah buah ini.

Antosianin memiliki fungsi melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebsa dan polutan di sekitar kita. kedua faktor ini dapat mempercepat proses penuaan, sebab merekalah penyebab kematian dan kerusakan sel di dalam tubuh.

5. Raspberry
Raspberry kaya akan serat yang baik untuk kesehatan tubuh. Bukan sembarang serat, karena yang saatu ini dapat membantu menurunkan tingkat low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat.

Buah dari keluarga beri ini juga memiliki kandungan seng, niasin, kalium dan berbagai fitokimia polifenol seperti lignan, tanin, asam fenolik, dan flavanoid.

6. Paprika Merah
Parika merah merupakan pilihan yang sangat baik untuk fungsi sistem kekebalan tubuh. cabai yang cenderung mmeiliki rasa manis ini mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin b6, vitamun E dan folat.

Capsaicin yang terdapat didalam paprika mmeiliki berbagai khasiat kesehata. Misalnya menurunkan kolesterol jahat, mengontrol diabetes, meredakan nyeri dan inflamasi selain itu, paprika merah hanya mengandung 30 kalori saja.

7. Kacang Merah
Kacang Merah mengandung banyak serat yang sehat bagi kesehatan jantung, seng, yang juga mendukung kesehatan reproduksi dan menyembuhkan luka serta vitamin B yang dapat membantu meningkatkan fingsi neurologis. Kacang merah ini juga mengandung kalium dan folat.

Makanan ini mengandung banyak vitamin K yang menyediakan nutrisi penting untuk otak dan sistem saraf. Serat di dalam kacang merah dapat membantu mempertahankan gerakan usus yang sehat. Jika di makan dalam jumlah yang tepat, kacang merah dapat membantu membersihkan saluran pencernaan.

8. Semangka
Semangka adalah sumber likopen yang dapat menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke dengan menurunkan kolesterol LDL. Buah berwarna merah ini dapat mengurangi resiko terjangkit kanker prostat dan degenerasi makula.

Sebuah penelitian menemukan bahwa semangka sangat bermanfaat untuk menyembuhkan nyeri otot karena kandungan asam aminonya yang disebut dengan L=citrulline. Zat ini mampu menstabilkan detak jantung saat berolahrata sehingga dapt mengurangi resiko cedera otot atau neyeri otot yang mungkin bisa anda alami ketika berolahraga.

9. Bit
Bit salah satu sayuran dengan antioksidan terbaik menurut USDA. SAyuran ini merupakan sumber serat, kalium, vitamin C, Nitrat dan folat yang sangat baik untuk tubuh. Nutrisi ini memainkan peran utama dalam menurunkan tekanan darah, meningkatkan daya tahan atletik dan meningkatkan peredaran darah.

Bit merah adalah agen anti-inflamasi yang sangat baik dan mampu mencegah penuaan serta masalah kesehatan. menurut hasil penelitian yang dilakukan di Unibersitas of Exeter, Nitrat di dalam buah bit dapat memungkinkan tubuh untuk olahraga atau menjalani aktivitas fisik lainnya dalam waktu yang lebih lama.

10. Lobak Merah
Lobak sendiri merupakan sumber kalium, folat, vitamin C, likopen, antosianin, seng, fosfor, kalium. magnesium, tembaga, besi, kalsium, mangan, vitamin A, vitamin B6, vitamin E, vitamin K dan serat makanan. Semua nutrisi ini diperlukan untuk menjaga tubuh anda dalam kondisi kerja yang baik.

Baca Juga Artikel Lainnya: 

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.