LiveChat

Rabu, 10 Oktober 2018

Beberapa Penyebab Disekitar kita Yang Bisa Menyebabkan Biduran

Beberapa Penyebab Disekitar kita Yang Bisa Menyebabkan Biduran

Beberapa Penyebab Disekitar kita Yang Bisa Menyebabkan Biduran 

Pernahkah anda mendengar istilah Urtikaria? Urtikaria merupakan sebuah kodnisi yang lebih kita kenal dengan istilah biduran. Hampir semua orang pernah mengalami biduran ini, dan pemicunya bisa berbeda-beda.

Salah satu penyebab utama urtikaria, terutama yang akut atau parah adalah autoimunitas. Penyakit endokrin dan autoimun selalu di kaitkan dengan biduran.

Dalam beberapa kasus biduran kronis kadang-kadang dapat dipicu karena adanya penyakit diabetas tipe 1, panyakit celiac, masalah hormonal atau dalam berapa kasus langka lainnya adalan kanker.

Meski demikian, pada umumnya biduran disebabkan oleh objek-objek yang berada disekitar kita, Berikut Tips Orang Sehat akan membahas beberapa diantaranya di bawaj ini.


1. Makanan
Beberapa bahan makanan bisa menjadi salah sati pemicu reaksi alergi bagi beberapa orang. Bentuk reaksi penolakan ini bisa jadi berupa biduran yang meluas di area kulit dan menimbulkan rasa gatal.

Beberapa makanan yang biasa mengakibatkan biduran ini antara lain kacang tanah, kerang-kerangan, makana laut, dan telur ayam suntik.

2. Sengatan Serangga
Serangga yang bisa menyengat seperti nyamuk dan lebah juga bisa menjadi salah satu pemicu biduran. Umumnya sengatan hewan-hewan ini mengakibatkan sensasi gatal dan panas pada kulit. Semakin digaruk maka akan semakin gatal dan menyebar ke bagian kulit lainnya.

Beberapa jenis ulat bulu juga bisa mengakibatkan bengkak dan gatal biduran jika sampai bersentuhan dengan kulit.

3. Obat-Obatan Tertentu
Untuk beberapa orang, obat-obatan yang sedang dikonsumsi bisa mengakibatkan reaksi negatif berupa munculnya biduran. Tidak selalu obat-obatan khusus yang harus diresepkan oleh dokter, obat yang bisa didapatkan dengan mudah di apotek seperti aspirin, antibiotik, dan ibuprofen juga bisa menimbulkan reaksi berupa biduran.

Jika anda mengalami biduran setelah mengkonsumsi satu dari beberapa jenis obat yang sudah disebutkan diatas, langkah yang paling bijak yang bisa kita ambil adalah menghentikan mengkonsumsi obat tersebut. Setelah itu anda bisa langsung berkonsultasi dengan dokter.

4. Serbuk Sari
Reaksi alergi yang bisa disebabkan oleh serbuk sari bunga tidak hanya bersin dan inflamasi pada rongga hidung. Alergi terhadap serbuk sari bunga juga bisa membuat penderitanya mengalami urtikaria atau biduran. Biasanya alergi karena faktor yang sati ini paling sering terjadi saat musim mekar.

5. Rambut Hewan Peliharaan
Beberapa orang menderita alergi terhadap hewan-hewan berambut tebal seperti anjing, kucing, kuda. Biasanya reaksi alergi ini diebabkan karena kontak dengan serpihan kulit mati atau rambut hewan tersbeut.

Reaksi alergi akibat rambut hewan yang umum adalah hidung meler, mata berair, atau bersin-bersin. Tetapi bisa juga reaksi yang mucnul berupa sesak napas, bercak merah pada kulit dan reaksi gatalgatal.

6. Tanaman Beracun
Beberapa tanaman beracun seperti poison ivy dan ek beracun bisa menyebabkan reaksi alergi berupa bentolm ruam merah, dan gatal-gatal. Reaksi alergi utamanya disebabkan oleh minyak yang dihasilkan oleh tanaman.

Biduran yang disebabkan oleh tanaman pada umumnya berlangsung selama beberapa jam hingga tiga hari setelah kontak terjadi. Biasanya di mulai dengan timbulnya bentol yang disertai dengan rasa gatal parah.

Beberapa Penyebab Disekitar kita Yang Bisa Menyebabkan Biduran 

7. Paparan Sinar Matahari
Solar urticaria, juga dikenal sebagai elargi matahari yang merupakan alergi langka yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Bentol atau bintik kemerahan yag gatal biasanya muncul dalam beberapa menit setelah terkena paparan sinar matahari. kondisi ini bisa bertahan untuk waktu singkat atau hingga beberapa jam.

Penyebab solar urticaria tidak diketahui. Alergi seperti ini bisa berkembang menjadi gangguan kesehatan kronis, tetapi pada dasarnya gejala untuk kondisi ini bisa di obati.

8. Udara Terlalu Dingin Atau Panas
Ada sebuah kondisi yang dinamakan cold urticaria. Ini merupakan salah satu reaksi kulit terhadap udara dingin yang muncul dalam berapa menit setelah terpapar suhu dingin. Kulit yang terpapar udara dingin atau panas biasanya akan muncul bercak kemerahan dan gatal-gatal pada kulit.

Orang yang memiliki urtikaria dingin bisa mengalami gejala yang berbeda-beda. Beberapa menunjukkan gejala reaksi ringan, ada pula yang bereaksi parah. Urtikaria dingin terjadi paling sering pada remaja.

Urtikaria atau biduran juga bisa disebabkan karena suhu udara yang terlalu tinggi. Orang-orang yang biasa tinggal di dataran tinggi kadang bisa mengalami reaksi seperti ini saat berada di dataran rendah yang bersuhu panas.

9. Getah
Sama seperti minyak pada tumbuhan beracun, beberapa tanaman memiliki gatah yang bisa menyebabkan reaksi berupa ruam, bentol, dan gatal-gatal yang kemudian berkemabng menjadi biduran . Kondisi ini bisa terjadi terutama jika ruam yang muncul tidak segera diobati.

10. Transfusi Darah
antibodi dalam darah pasien penerima transfusi darah dapat menyerang darah milik donor yang disalurkan ke dalam tubuhnya. Hal ini terjadi jika darah keduanya tidak sesuai. Akibatnya adalah reaksi alergi terhadap transfusi darah. Gejala-gejalanya antara lain gatal-gatal dan biduran. Jenis reaksi ini sering diobati dengan antihistamin.

Dalam beberapa kasus, infeksi bakteri seperti infeksi saluran kemih, infeksi hepatitis , dan flu juga dianggap sebagai pemicu biduran atau urtikaria kronis.

Jika urtikaria atau biduran sudah parah, biasanya gejala akan terjadi hampir disetiap hari. Rasanya sangat gatal dan mungkin bertahan minimal enam minggu. Untuk kodnisi seperti ini sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

Baca Juga Artikel Lainnya: 

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.