LiveChat

Kamis, 11 Oktober 2018

Nutrisi Yang Dipercaya Bisa Membuat Ibu Menyusui Tidak Gampang Lemas

Nutrisi Yang Dipercaya Bisa Membuat Ibu Menyusui Tidak Gampang Lemas

Nutrisi Yang Dipercaya Bisa Membuat Ibu Menyusui Tidak Gampang Lemas

Pada dasarnya menyusui merupakan salah satu bagian penting dan tersulit dari peranan seorang ibu. Karena pemeberian ASI tidak jarang membuat tubuh sang ibu menjadi mudah lemas. Dan rasa letih ini bisa semakin terasa jika tubuh tidak di dukung dengan gizi yang mencukupi.

Tidak berbeda jauh dengan kondisi ketika sedang hamil, disaat menyusui juga seorang ibu harus mengkonsumsi makanan dan minuman dengan nutrisi yang seimbang. Pasalnya tubuh membajar 500 kalori setiap harinya untuk memproduksi ASI. Jika asupan gizi harian tidak mencukupi maka tubuh sangat rentan dilanda rasa lelah.

Berkut Tips Orang Sehat akan membahas bebreapa jenis makanan yang dipercaya dapat membuat ibu menyusui mendapat asupan nutrisi yang cukup agar tidak mudah letih.

Nutrisi Yang Dipercaya Bisa Membuat Ibu Menyusui Tidak Gampang Lemas

1. Asam Folat
Ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi asam folat untuk menghidarkan bayi dari resiko cacat otak. Saat menyusui pun asam folat wajib ada dala menu makanan ibu. Pasalnya asupan asam folat sangat penting untuk perkembangan otak bayi di usia tiga bulan pertama.

Pada peride ini,bayi bisa mendapatkan asupan folat melalui ASI. oleh karena itu sangat penting bagi ibu untuk mengkonsumsi makana yang kaaya asam folat dan suplemen khusus.

Beberapa sumber makanan yang dipercaya kaya akan asam folat adalah gandum utuh, bayam, okra, pepaya, kembang kol dan jamur.

2. Asupan Cairan.
Menurut Nancy Hurst, Ph,d., R.N., direkrut layanan laktasi di Texas Children's Hospital Pavilion for Women, pasokan cairan yang tinggi membuat jumlah ASI yang di produksi meningkat itu hanya mitos. Namun konsumsi cairan dalam jumlah memadai juga sangat penting bagi ibu.

Asupan cairan dapat membantu ibu lebih cepat pulih dari stres fisik pasca melahirkan. Selain itu cairan yang cukup juga sangat berperan dalam menjaga level energi.

3. Multivitamin
Selain mengkonsumsi makanan yang sehat, ibu juga harus dibekali dengan multivitamin. Idealnya ibu menyusui mendapatkan asupan 400 mikrogram mineral dari suplemen untuk wanita. Multivitamin juga bisa menurunkan resiko stres akibat kurangnya kesempatan untuk makan di siang hari. Multivitamin apa yang cocok, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kandungan ibu.

4. Kalsium
Jika tubuh tidak mendapat asupan mineral kalsium yang cukup-, tubuh akan mengambilnya dari tulang ibu untuk memastikan ASI mengandung cukup kalsium bagi bayi.

5. Asam Lemak Omega-3
Perbanyak konsumsi ikan karena kaya akan Omega-3. Omega-3 tidak hanya baik untuk ibu, tetapi untuk tumbuh kembang si bayi. menurut Lori Feldman-Winter, M.D., dokter anak di Camden, New Jersey dan juru Pediatrics, asal lemak Omega-3 penting untuk tubuh kembang otak dan mata anak.

Ibu bisa mendaptakan asupan asam lemak Omega-3 dari ikan-ikan berminyak. Bebreapa diantaranya adalah ikan kembung, sarden, teri, salmon dan ikan gabus.

6. Makanan Pendukung Laktasi
Bahan makanan bisa membantu kelancaran ASI seperti kelor, kedelai, gandum, fanugreek, dan fannel bisa membantu memperkaya nutrisi dan produksi ASI.

Jika ibu enggan mengkonsumsinya secara langsung, sekarang sudah mulai banyak snack laktasi, semisal lactation cookies.

Baca Juga Artikel Lainnya: 

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.