LiveChat

Selasa, 21 Agustus 2018

Dampak Dari Stres Yang Tidak Pernah Kita Duga

Dampak Dari Stres Yang Tidak Pernah Kita Duga

Hidup di jaman sekarang membuat kita rentan mengalami stres. Hal ini tentu bukan tanpa alasan, mengingat banyaknya tuntutan kerja dan tuntutan kebutuhan hidup yang semakin tinggi disetiap waktunya.

Ketika tuntutan hidup semakin tinggi, maka sering kali kita memaksa untuk melakukan banyak hal. Itulah yang menjadi salah satu penyebab utamanya. Padahal, bila anda mengalami stres dan dibiarkan begitu saja dalam kehidupan maka akan berdampak buruk untuk diri anda.

Dampak Dari Stres Yang Tidak Pernah Kita Duga

Berikut beberapa dampak stres yang kita pernha duga sebelumnya.

1. Sulit Mengendaikan Emosi
Bukan rahasia lagi jika stres membuat seseorang menjadi lebih mudah marah. Sebuah penelitian di tahun 2013 menemukan fakta bahwa tingkat stres yang ringan saja sudah bisa merusak kemampuan dalam mengendalikan emosi.

Candace Raio, Ph.D menngatakan bahwa stres ringan yang biasa anda alami dalam kehidupan sehari-hari dapat merusak kemampuan kognitif dalam mengendalikan rasa takut dan kecemasan.

2. Meningkatkan Resiko Jatuh Sakit
Stres bisa di kaitkan dengan penyakit seperti kanker, paru-paru dan sirosis hati. Stres juga dapat menyebabkan kecelakaan dan bunuh diri pada beberapa orang.

Para peneliti dari Universitas John Hopkins, Amerika Serikat menemukan bahwa anak-anak yang terkena stres kronis kemungkinan besar lebih beresiko terkena masalah mental dan kejiwaan.

3. Merusak Kehidupan Seksual
Seks merupakan salah satu cara yang menyenangkan dan sangat efektif untuk menurunkan tingkat stres, namun stres juga dapat membuat seseorang tidak ingin untuk berhubungan intim.

4. Merusak Gigi dan Gusi
Orang yang mengalami stres bisa menimbulkan reaksi di tubuh, salah satunya menggeratakan gigi saat tidur secara tidak sadar. Jika perilaku tersebut dilakukan dalam jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan rahang, gigi semakin tipis dan meningkatkan kemungkinan infeksi gusi.

5. Sakit Jantung
Stres secara fisik dapat merusak otot jantung. Ini terjadi kearena hormon stres dapat meningkatkan detak jantung dan menyempitkan pembuluh darah. hal ini akan memaksa jantung untuk bekerja lebih keras, dan akan meningkatkan tekanan darah.

Menurut Americak Institude of Stress, tingkat kejadian serangan jantung dan kematian mendadak meningkat dibandingkan kematian yang disebabkan oleh bencana alam.

6. Meningkatkan Berat Badan
Sebagian orang yang mengalami stres, nafsu makan akan cenderung menurun. Teatpi para peneliti di University of Miami, AS menemukan bahwa ketika seseorang dalam situasi yang penuh dengan tekanan, mereka cenderung mengkonsumsi 40 persen lebih banyak makanan dari biasanya. Hal ini yang mengakibatkan mereka mengalami kenaikan berat badan.

7. Mempercepat Penuaan
Ada anggapan bahwa stres dapat membuat cepat tua, rupanya hal ini benar adanya. Para peneliti dari University of California , AS menemukan stres akan memperpendek telomere, struktur di ujung kromosom, sehingga akan memperlambat pertumbuhan sel-sel baru.

Hal diatas akan membuat tanda-tanda penuaan yang tidak bisa dielakan, seperti mucnul kerutan, otot yang menjadi lemah, penglihatan yang buruk dan banyak hal lainnya.

8. Menurunkan Daya Tahan Tubuh
Hubungan antara tubuh dan pikiran tidak bisa diremehkan. Setiap orang mengalami demam dikarenakan tubuhnya sudah tidak memiliki kemampuan lagi. Stres yang menignkat dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh yang membuat tubuh menjadi lebih rentan terkena penyakit.

9. Sulit Berkonsentrasi
Sebuah kesulitan di daerah Stockholm yang diterbitkan oleh Jurnal of Epideologi and Community Health, mengungkapkan bahwa 1 dari 4 orang yang mengalami stres ringan diberi tunjangan untuk masalah gangguan mental.

Bekerja keras memang sangat di perlukan untuk mewujudkan hidup yang layak. Namun jangan sampai anda melupakan diri anda sendiri. Semuanya harus seimbang, jika anda sudah bekerja selama 5 atau 6 hari dalam satu minggu, satu hari luburmanfaatkan semaksimal mungkin dengan sesuatu yang anda senangi.

Baca Juga Artikel Lainnya: 

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.