LiveChat

Selasa, 14 Agustus 2018

Beberapa Macam Warna Teh Serta Fungsi Dan Manfaatnya Untuk Tubuh

Beberapa Macam Warna Teh Serta Fungsi Dan Manfaatnya Untuk Tubuh

Teh biasanya merupakan istilah dari daun Camelia sintesis yang sengaja dikeringkan dan diseduh menjadi minuman herbal. namun sebenarnya ada berbagai jenis teh yang bisa di buat dari tanamam lain, misalnya Tisane yang di buat dari macam-macam mahkota bunga.Teh yang dibuat dari pandan, daun kopi, atau rempah-rempah juga semakin populer karena memiliki khasiat untuk kesehatan.

Berikut kita akan membahas beberapa jenis teh dengan eragam warna serta manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya di bawah ini.

1. Teh Rosella - Merah
Kelopak bunga rosela mengandung banyak asam sitrat dan pektin. Sementara bunga yang mengandung gosipetin, antioksidan serta glikosid hibiscin. Penelitian yang dilakukan di Fakultas Kedokteran Thailand di tahun 1999 menemukan bukti bahwa rosella berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Gangguan kesehatan yang bisa di cegah dan diatasi dengan rutin meminum teh rosella antara lain adalah asam urat, hipertensi, kegemukan, kolesterol, kanker, batuk kronis, demam dan sakit perut serta penumpukan lemak di hati.

Teh rosella bisa membantu menetralkan racun, menyehatkan mata, menutrisi otak dan terapi untuk pencadu narkoba.

2. Matcha - Hijau
Matchamerupakan teh hujau Jepang yang berbentuk bubuk, jika diseduh akan menghasilkan teh yang berwarna hijau cerah dan sedikit berbisa. Rasanya cukup pahit.

Teh hijau kaya akan antioksidan dikenal ampuh untuk mencegah kanker dan obesitas. Sementara polyphenol dalam teh hijau mampu memperbaiki sel yang rusak karena radikal bebas dari dalam.

Menurut ahli dermatologi Rene Snyder, M.D menyatakan bahwa Catechin dalam matcha dapat mencegah kerusakan sel. Konsumsi teh hijau secara teratur dapat membantu mengurangi inflamasi yang dapat menyebabkan penuaan dini. Selain itu teh hijau mampu meningkatkan kemampuan kulit untuk menangkal sinar UV dan radikal bebas.

Teh hijau dapat mengurangi tekanan darah tinggi. Namun mengkonsumsi teh hijau secara berlebihan justru dapat berdampak tidak sehat bagi wanita hamil karena dapat mencagah tubuh menyerap zat besi dan asam folat.

Beberapa Macam Warna Teh Serta Fungsi Dan Manfaatnya Untuk Tubuh

3. Teh Chrysanthemum (Seruni) - Kuning
Tisane (teh bunga) yang satu ini paling dikenal sebagai penenang karena aromanya yang menjadikan pikiran menjadi rileks. Selain itu, teh krisan juga berkhasiat memperkuat kekebalan tubuh, menurunkan kolesterol, menjaga kesehatan jantung, memperbaiki kesehatan mata, mencegah osteporosis, meredakan inflamasi serta memperbaiki kondisi kulit. teh chrysanthemum diyakini mampu mendinginkan tubuh, membersihkan liver dan memperlambat muculnya gejala penuaan.

4. Teh Hitam - Hitam
teh hitam ternyata tinggi teofilin dan kafein yang dapat membantu untuk meningkatkan denyut jantung agar selalu bersemangat. Khasiat yang dimiliki teh ini antara lain mencegaj kanker, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mendukung keehatan otak dan fungsi saraf, menurunkan berat badan, menyehatkan jantung, menjaga kesehatan sistem pencernaan dan menurunkan tingkat stres.

5. Teh Mawar - Merah Muda
Teh yang dibati dari mahkota bunga mawar kering dikenal karena rasanya yang mewah dan aromanya yang sedap .Teh ini tidak hanya enak untuk di hirup, khasiatnya pun sangat beragam.

Teh mawar memiliki kemampuan untuk meredakan nyeri haid, menenangkan perut dan liver, meningkatkan sirkulasi darah, memperbaiki kekebalan tubuh, mengurangi lemak tubuh, meringankan sembelit, menghaluskan kulit, membantu penyembuhan luka dan melindungi tubuh dari radikal bebas.

6. Teh Bunga Teleng - Biru
Teh bunga ini kaya akan antioksidan. Sejumlah penelitian menemukan bukti bahwa teh ini sangat berkhasiat untuk mencegah glikasi yang bisa menyebabkan penuaan dini, anti inflamasi, mengatasi kelelahan, meningkatkan vitalitas dan meringankan rasa sakit.

Itulah berbagai jenis teh dengan aneka warnanya yang memiliki khasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Minimun macam-macam teh di atas dengan teratur agar tubuh dan kulit senantiasa sehat. Disarankan jangan menggunakan gula tambahan agar mendapatkan manfaat maksimalnya.

Baca Juga Artikel Lainnya: 

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.