LiveChat

Sabtu, 11 Agustus 2018

Beberapa Bahan Makanan Ini Bisa Membantu Menyembuhkan Patah Tulang

Beberapa Bahan Makanan Ini Bisa Membantu Menyembuhkan Patah Tulang

Beberapa Bahan Makanan Ini Bisa Membantu Menyembuhkan Patah Tulang

Dalam bebreapa kasus, cedera yang pernah kita alami bisa berujung pada kondisi patah tulang. bisa juga tulang yang keropos menjadikannya rapuh sehingga tullang mudah cedera.

Ada beberapa jenis fraktur atau patah tulang, antara lain graktur sederhadan di mana tulang patah menjadi dua bagian, fraktur terbuka yang menonjol keluar dari permukaan kulit, fraktur stres (retak), atau fraktur greenstrik di mana satu sisi tulang patah dan sisi lainnya bengkok. Masing-masing bisa menimbulkan resiko kesehatan yang lebih besar jika segera tidak ditangani dengan benar.

Patah tulang ideal yang ditangani oleh tenaga medis profesional biasanya mengambil tindakan pemasangan gips, pemakaian sliong atau perban khusus dan operasi untuk memasang plat penyangga.

Beberapa Bahan Makanan Ini Bisa Membantu Menyembuhkan Patah Tulang

Setelah penanganan selesai, biasanya pasien dibekali dengan obat untuk meringankan rasa sakit dan membantu proses penyembuhan patah tulang. Tetapi akan lebih baik lagi jika obat-obatan ini didukung dengan nutrisi yang baik, terutama yang mengandung protein, vitamin dan mineral penguat tulang.

Berikut beberapa bahan makanan dengan kandungan nutrisi yang baik untuk membantu penyembuhan patah tulang.
1. Produk olahan susu seperti keju, susu, yogurt.
2. Ikan-ikanan seperti ikan gabus, tuna, salmon, bandeng, makarel.
3. Biji labu
4. Capsicum seperti paprika dan cabai
5. telur
6. Kacang hitam
7. Sayuran hijau sumber vitamin K seperti bayam, buncis, kembang kol, brokoli.
8. Daging sapi
9. Ayam
10. Tahu

Penjelasan:
1. Produk Olahan Susu
Makanan seperti susu, keju, dan yogurt kaya akan kandungan kalsium yang dibutukan untuk memperkuat dan meningkatkan kemampuan tulang untuk memulihkan diri.

2. Ikan-Ikanan
Maknan yang kaya akan asam lemak omega-3 dan vitamin D juga perlu untuk di konsumsi. Asam lemak omega-3 akan membantu percepatan penyembuhan patah tulang. Sementara Kalsium akan bekerja lebih baik jika di dukung vitamin D.

3. Biji Labu
Masukan biji labu ke dalam salad atau smoothie bowl sarapan anda, karena bahan makanan ini merupakan sumber yang diperlukan tulang untuk menyerap kalsium agar lebih efektif.

4. Capsicum
Bahan makanan nabati dari genus capsicum, terutama yang berwarna merah sangat kaya akan kandungan vitamin C. Ini adalah nutrisi penting dalam meningkatkan produksi kolagen di tulang. Kolagen juga diperlukan dalam penyembuhan patah tulang.

5. Telur
Telur mengandung vitamin D, kalsium, protein dan vitamin B. Semua ini akan memperkuat tulang dan membantu penyembuhan patah tulang.

6. Kacang Hitam
Kacang hitam mengandung banyak magnesium dan protein yang dapat membantu jaringan tulang untuk memulihkan diri lebih cepat.

7. Sayuran Hijau Sumbet Vitamin K
Brokoli, kembang kol, bayam, kale, buncis, asparagus dan peterselli merupakan sumber vitamin K yang dapat memperkuat tulang.

8. Daging Sapi
Daging sapi merupakan salah satu sumber protein dan makanan yang ramah terhadap ginjal. Diperlukan agar level albumin dalam darah tetap terjaga. Dengan demikian proses penyembuhan patah tulang bisa menjadi lebih cepat.

9. Ayam
Satu porsi ayam unggas ini bisa menyediakan 14-28 gram protein untuk menjaga level albumin.

10. Tahu
jika anda merupakan seorang vegetarin, kebutuhan protein juga bisa dipenuhi dari tahu setengah cangkir olahan kedelai.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.