LiveChat

Kamis, 09 Agustus 2018

Cara Mencegah Keracunan Bakteri Yang Disebabkan Oleh Sushi Mentah

Cara Mencegah Keracunan Bakteri Yang Disebabkan Oleh Sushi Mentah

Cara Mencegah Keracunan Bakteri Yang Disebabkan Oleh Sushi Mentah

Sushi merupakan salah satu makanan Jepang yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk, sayuran lembut berkat di bumbui dengan campuran cuka beras, garam dan gula.

Sushi juga merupakan salah satu jenis makanan paling favorit di Indonesia. Sushi pada umumnya di buat dari bahan segar yang kaya akan nutrisi seperti ikan, udang, rumput laut dan mentimun.

Namun yang menjadi masalah, sushi juga bisa menyebabkan alergi, keracunan hingga menjadi media penyebaran cacing. Oleh karena itu banyak orang yang mempertanyakan bahwa apakah aman mengkonsumsi sushi? Ternyata resiko terkena penyakit atau keracunan akibat makan sushi juga dapat diminimalisir dengan cara memakan sushi sewajarnya.

Cara Mencegah Keracunan Bakteri Yang Disebabkan Oleh Sushi Mentah

Berikut Tips Orang Sehat akan memberikan anjuran cara mengkonsumsi sushi dengan aman.

1. Pilih Sushi Dari Ikan Mentah Yang Rendah Merkuri
sushi yang terbuat dari bahan makanan sehat juga bisa membahayakan kesehatan. Hal ini dikarenakan ikan biasanya memiliki kandungan merkuri. Terlebih lagi pada ikan besar yang memakan ikan kecil, seperti ikan tuna dan mackarel.

"Semakin tinggi ikan tersebut pada satu rantai makanan, semakin besar kemungkinan ada kandungan merkuri yang tidak meninggalkan tubuh ikan saat mencernanya," ujar Co-founder Being Healthfull, Calire Martin.

Seperti yang kita ketahui, keracunan merkuri dapat mnyebabkan sakit kepala, pusing, keterlambatan perkembangan, kerusakan otak dan bahkan kegagalan organ.

Disarankan untuk memesan sushi dengan bahan ikan mentah yang rendah akan merkuri, seperti salmon, kepiting, udang dan belut. Hal ini bertujuan untuk menyeimbangi nutrisi dan mengurangi asupan merkuri pada tubuh anda.

2. Batasi Memakan Sushi
Orang dewasa sehat dapat mengkonsumsi dua hingga tiga sushi roll per minggu. Sedangkan untuk wanita hamil atau menyusui disarankan tidak memakan sushi dengan bahan ikan mentah, tetapi lebih memilih sushi yang berisikan sayuran dan makanan laut rendah merkuri yang matang. Hal ini bertujuan untuk menghindari resiko keracunan merkuri dan penyakit bawaan makanan.

"Intinya ikan secara kseluruhan harus 340 gram perminggu untuk orang dewasa. Sedangkan untuk wanita hamil dan anak-anak disarankan170 hingga 226 gram per minggu."

3. Jangan Sisihkan Wasabi
Biasanya sushi disajikan bersama wasabi, pasta hijau dengan rasa menyengat yang mungkin kurang cocok untuk lidah orang Indonesia. Namun jangan sekali-kali menyisihkan wasabi saat mengkonsumsi sushi. Mencocolkan sushi kedalam kecap yang sudah di campur dengan wasabi dapat membantu membunuh bakteri yang mungkin ada di dalam ikan mentah.

Itulah beberapa tips aman dalam mengkonsumsi sushi, jadi bagi anda yang doyan mengkonsumi sushi ada baiknya membaca artikel ini gar dapat terhidnar dari segala hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga Artikel Lainnya: 

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.