LiveChat

Sabtu, 07 November 2020

Beberapa Rempah Asli Asal Indonesia Ini Bisa Memberikan Banyak Manfaat

Beberapa Rempah Asli Asal Indonesia Ini Bisa Memberikan Banyak Manfaat
Beberapa Rempah Asli Asal Indonesia Ini Bisa Memberikan Banyak Manfaat

Beberapa Rempah Asli Asal Indonesia Ini Bisa Memberikan Banyak Manfaat

Tip Orang Sehat  - Salah satu tanaman yang sangat khas dari Indonesia adalah beragam jenis rempah-rempah. Pada beberapa daerah teramasuk di Jawa, budaya konsumsi wedang yang berbahan rempah merupakan sebuah hal yang biasa.

wedang sendiri merupakan minuman jangat yang dicampur dengan olahan bahan dan rempah tradisional. Rasanya begitu khas dan emnjadi favorit bagi banyak orang terutama di udara malam yang dingin.

Salah satu yang sangat populer adalah wedang jehe. Minuman yang dibuat dari jahe bubuk atau jahe yang diiris dan dicampur dengan air panas ini menjadi favorit bagi banyak orang. Terutama disituasi pandemi seperti saat ini, karena dipercaya bisa meningkatkan imunitas.

Budaya minum wedang rempah ini bisa menjadi bukti jika Indonesia begitu kaya dengan rempah-rempah berjuta khasiat. Selain wedang jahe, ada lima jenis rempah lain yang juga sangat berkhasiat dan kerap diolah menjadi wedang.


1. Kapulaga

Jenis rempah yang satu ini sering digunakan untuk campuran wedang rempah. Aromanya begitu khas dan emmiliki manfaat yang terbaik bagi kesehatan. Manfaat ini termasuk merawat kesehatan kulit berkat kandungan anti-bakteri dan antioksidan didalamnya.

Kandungan vitamin C dalam kapulaga juga bisa melancarkan peredaran darah ke suluruh tubuh, sehingga bagus untuk kesehatan kulit. Wedang kapulaga biasanya dicampur dengan beberapa rempah lain, seperti cengkeh, jahe, kayu manis hingga secang, agar rasanya lebih mantap dan manfaatnya lebih maksimal bagi keesehatan.


Klikbola88
Klikbola88 Agen Sportbook Dan Slot Game


2. Pala

Pala bukan saja dikenal sebagai salah satu ikon rempah Indonesia, tetapi juga kaya akan manfaat. Salah satunya dapat menjaga kesehatan kulit, seprti menghilangkan bekas jerawat hingga noda hitam akibat sengatan matahari.

Wedang pala juga bisa dibuat dari manisan pala basah dan bunga pala. Cukup rebus dengan gula pasir sesuai selera, lalu sajika. Wedang pala cocok untuk dinikmati saat cuaca sedang dingin, karena mnemberikan efek hangat.


3. Cengkeh

Cengkeh memiliki eugenol yang dapat menangkal jerawat pada wajah. Selain itu, zat tersebut juga bisa berperan sebagai pelembab, sehingga dapat membantu kulit wajah menjadi terhidrasi dengan baik.

Wedang cengkeh bisa dibuat dengan merebus cengkeh, jahe, dan gula pasir. Anda juga bisa menambahkan beberapa rempah lainnya, seperti kapulagam atau kayu manis sesuai selera.


4. Serai

Serai tidak hanya dijadikan bumbu masalaj saja, namun juga bisa dinikmati dalam seduhan wedang. Ada banyak manfaat dari rempah ini, seperti mampu menghilangkan noda hitam, menutup pori-pori, hingga menjaga keseimbangan kadar minyak pada wajah.

Selain itu, kandungan vitamin A dan vitamin C pada serai juga bisa menghidrasi kulit, serta membuat kulit lebih cerah. Wedang serai bisa dibuat dari seduhan jahe merah dan batang serai, yang bersatu dengan madu dan air perasan jeruk nipis atau jeruk lemon.


5. Kayu Manis

Kayu manis memiliki kandungan astringen yang dapat mengecilkan pori-pori wajah, sehingga membuat wajah menjadi lebih halus. Selain itu sifat antiseptikanya juga bisa menangkal jerawat.

Pada saat di seduh wedang kayu juga bisa memperlancar aliran darah pada permukaan kulit, sekaligus membantu kulit untuk bernapas. Pada umumnya wedang kayu manis dibuat dengan menambahkan beberapa rempah lain, seperti jahe, gula batu, serai.

Baca Juga Artikel Lainnya:

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.