LiveChat

Jumat, 27 Maret 2020

Beberapa Masalah Yang Biasanya Muncul Disaat Mengisolasi Diri

Beberapa Masalah Yang Biasanya Muncul Disaat Mengisolasi Diri
Beberapa Masalah Yang Biasanya Muncul Disaat Mengisolasi Diri

Beberapa Masalah Yang Biasanya Muncul Disaat Mengisolasi Diri

Tips Orang Sehat - Seiring dari meluasnya persebaran virus corona yang semakin pesat, banyak orang melakukan langkah antisipasi. Hal ini dilakukan tidak hanya agar mereka tidak tertular, namun agar menulari orang lain.

Langkah yang paling umum dilakukan adalah melalui social distancing atau menjaga jarak dengan orang lain. Namun pada beberapa orang yang khawatir diri mereka memiliki infkesi virus corona dan beresiko menularkannya pada orang lain, mereka melakukan isolasi diri.

Dalam hal ini tidak jarang mereka menjauhkan diri dari keluarga. Selain itu mereka juga bekerja dan bersekolah di rumah.

Isolasi diri yang dijalankan ini juga membatasi mereka dari keluar dan berinteraksi dengan orang lain. Hal ini tentu membuat resiko sejumlah masalah kesehatan mental jadi meningkat.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sendiri mengeluarkan panduan untuk kesehatan mental bagi irang yang mengisolasi diri. Kebosanan dan stres mungkin muncul dari kondisi sendiri ini sehingga terdapat hal yang harus dilakukan untuk menghindari masalah yang lebih berat.

Mengatasi masalah mental yang terjadi ini bisa membuat anda melalui masa isolasi diri dengan kesehatan yang tetap terjaga. Berikut Tips Orang Sehat akan membahas sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah yang mungkin muncul akibat isolasi diri.

Klikbola88

1. Tetapkan Lakukan Kebiasan Kecil
Ketika bekerja dari rumah dan mengisolasi diri Dr. Lucy Atcheson, psikolog konseling menyebut bahwa melewatkan kebiasaan sehari-hari yang biasa nada lakukan bisa meimbulkan masalah.

"Ketika anda tengan di perjalanan ke tempat kerja, anda mungkin berhenti di coffee shop favoritmu atau menyapa seseorang dari luar rumah, hal ini bisa nada lakukan setiap hari tanpa disadari," ujar Dr. Atcheson.

"Ketika anda sendirian di rumah, hal tersebut tidak terjadi dan efek komulatifnya cukup besar," sambungnya.

Untuk mengatasi hal ini, lakukan kebiasaan kecil baru di rumah secara rutin. Anda bisa berolahraga, membaca buku atau menyapa melalui media sosial.

2. Jaga Pola Makan Sehat
Ketika berada di rumah, anda bisa saja menghabiskan waktu berlama-lama di sofa tanpa bergreak. Hal ini diperparah konsumsi makanan tidak seimbang serta ngemil sepanjang hari.

"Lakukan yang terbaik untuk makan, Jika tidak ada orang yang bisa membawamu makanan, anda bisa mencari supermarket sekitar yang menyediakan jasa pesan antar," terang Emma Carrington dari Mental Health UK.

3. Nikmati Keindahan Alam
"Kesehatan fisik dan mental kita berhubungan sehingga sebisa mungkin buat rtinitas yang melibatkan olahraga fisik," ujar Stephen Buckley, kepala bagian informasi di Mind.

"Walau anda tidak bisa menghabiskan waktu dengan orang lain, manfaatkan sebisa mungkin ruang pribadi luar raungan yang bisa anda miliki seperti taman atau balkon jika anda memilikinya, pasalnya dekat dengan alam bisa membantu perilaku," sambungnya.

Sebagai alternatif, Buckley menyarankan untuk melihat keluar jendela untuk melihat burung. Anda jisa bisa melakukannya dengan membuka jendela dan membiarkan udara segar masuk ke ruangan.

4. Buat Dan Pertahankan Rutinitas
Membuat kegiatan dan rutinitas bisa sangat membantu ketika anda mengisolasi diri dirumah. Anda disarankan untuk tidak hanya sekedar bangun tidur, mandi, bekerja, makan dan terus melakukannya.

Buat rutinitas baru yang bisa sangat berguna untuk nada dan memiliki hal yang ditunggu. Anda juga sebaiknya tidak menghabiskan seluruh waktu di depan layar baik berupa laptop atau smartphone.

Anda juga bisa mulai melakukan aktivitas seperti membaca buku, mendengarkan podcast, belajar memasak, menulis atau sejumlah hal lainnya.

5. Jaga Hubungan Dengan Orang Lain
Mengisolasi diri bukan berarti bahwa anda melepaskan sepenuhnya dari hubungan dengan orang lain. Anda tetap bisa melakukan kontak dengan teman atau keluarga hanya saja dalan bentuk yang berbeda.

Anda bisa berbicara dengan mereka untuk mengungkapkan perasaan sehingga masalah mu bisa berkurang. Hubungi mereka mellaui email, media sosial, atau telepon.

6. Batasi Beruita Yang Dibaca
Berita yang anda baca bisa memberikan dampak pada kondisi mental. Jika anda tidak membatasi berita yang masuk terutama dari media sosial, maka mental yang sedang lelah karena isolasi diri bisa semakin menurun.

terlalu banyak berita yang masuk terutama berita buruk bisa berdampak buruk bagi anda. Hal ini akan semakin buruk ketika berita yang anda konsumsi ternyata berita hoax.

7. Jangan Kebanyakan Berpikir Negatif
Dr. Lucy Atcheson mengatakan salah satu bahaya dari isolasi diri adalah anda memiliki terlalu banyak waktu memikirkan hidup. Ketika berpikir, anda akan lebih banyak memikirkan hal-hal burk.

Anda bahkan bisa berpikir bahwa anda akan menjadi gila atau menderita masalah karena terlalu banyak berdiam di rumah. Untuk mengatasi masalah ini, anda bisa menyibukkan diri sambil banyak berkomunikasi dengan orang lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.