LiveChat

Selasa, 24 Maret 2020

Jenis Makanan Yang Cocok Untuk Menjaga Imunitas Di Musim Hujan

Jenis Makanan Yang Cocok Untuk Menjaga Imunitas Di Musim Hujan

Jenis Makanan Yang Cocok Untuk Menjaga Imunitas Di Musim Hujan

Tips Orang Sehat - Jenis makanan sehari-hari yang kita makan seperti makanan 4 sehat 5 sempurna sudah menjadi istilah yang tidak asing lagi di telinga kita. Makanan 4 sehat 5 sempurna ini diantarnaya adalah nasi, lauk pauk, sayur dan buah,. Kemduain 5 sempurna beruapa susu sebagai pelengkapnya.

Sebenarnya konsumsi nutrisi yang baik bagitubuh, berupa karbohidrat, lemak, protein, mineral dan vitamin dilambangkan secara sederhana dengan istilah 4 sehat 5 sempurna.

Apalagi masa pancaroba begini, imunitas biasanya lebih menurun. Tubuh masih kaget adanya perubahan dari musim kemarau tiba-tiba menjadi musim penghujan dengan hujan deras, frekuensi badai tinggi, dan angin kencang.

Selain melakukan olah raga dan menjaga lingkungan tetap bersih, pastinya perlu hal penting lain yang mendampinginya, berupa makanan bergizi tinggi. Melalui “makanan 4 sehat 5 sempurna” kami kupas lebih dalam menu apa saja yang cocok untuk menjaga imunitas tubuh di musim hujan, dan dirangkum dari berbagai sumber.

Klikbola88

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna
1. Karbohidrat
Karbohidrat tertinggi bisa Anda dapatkan dari makanan pokok, seperti nasi putih, umbi-umbian, dan nasi merah. Karbohidrat memiliki peranan penting sebagai sumber energi. Disarankan untuk menambah nasi merah dalam menu makan Anda sehari-hari selain nasi putih.

Nasi merah memiliki kandungan serat dan vitamin yang lebih banyak, sehingga sangat baik untuk penderita kolesterol. Karena indeks glikemik rendah, sangat cocok bagi penderita diabetes. Bila Anda merasa aneh karena pertama kali, coba campurkan beras merah dengan beras putih dengan perbandingan 1:1 ketika dimasak.

Kentang, gandum, ubi, jagung, dan singkong juga termasuk sumber karbohidrat yang mengandung gula alami. Menu-menu makanan ini juga bisa Anda tambahkan selain makan nasi terus menerus.

2. Sayur
Berbagai macam sayur pastinya memiliki nutrisi alami yang baik bagi tubuh. Namun beberapa diantara sayur mayur tersebut, kami rangkum dengan pilihan sayur yang sangat baik dalam menjaga sistem kekebalan tubuh atau imunitas.

Brokoli, sayuran hijau mirip bunga ini memiliki banyak kandungan vitamin C dan serat makanan dalam jumlah besar. Sebaiknya Anda masak sebentar saja, tidak lebih dari 5 menit demi menjaga kualitas brokoli. Berikut manfaat sayur brokoli,

Mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Brokoli mampu menjaga kesehatan pencernaan, jangan sampai diare melanda di musim hujan, dimana penuh genangan air kotor.

3. Bawang Putih
Selain sebagai bumbu dasar penting segala makanan, bawang putih mampu menyerang bakteri penyebab infeksi, hingga memperlambat pengerasan arteri. Senyawa allicin dalam bawang mampu meningkatkan sistem imun tubuh.

4. Kacang Almond
Kacang almond dipercaya memiliki banyak kandungan vitamin C dan E yang berperan meningkatkan kekebalan tubuh. Tentu saja cemilan kacang ini baik dikonsumsi terutama pada musim hujan begini, demi menjaga imunitas tubuh.

Anda juga dapat membeli sari kacang almond dalam bentuk minuman. Resep dari kacang almond telah ada sejak abad ke-14 dan dijadikan pengganti susu pada saat berpuasa.

5. Buah
Buah-buahan termasuk dalam kategori makanan 4 sehat 5 sempurna, dan kami pilah beberapa buah yang memiliki kandungan vitamin C tertinggi untuk meningkatkan imunitas di musim hujan begini, selain jeruk dan lemon.

- Kiwi
Kandungan vitamin C buah kiwi sebanyak 84 gram per satu buah, melebihi dari jeruk. Antioksidannya baik dalam membantu tubuh melawan infeksi dan radikal bebas.

- Pepaya
Buah pepaya yang dikenal memiliki serat tinggi, juga mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, B kompleks, kalsium, dan vitamin C.

- Stroberi
Buah stroberi juga memiliki antioksidan yang tinggi, vitamin , asam ellagic, dan antosianin. Begitu banyak manfaat stroberi bagi tubuh.

- Nanas
Meskipun buah nanas memiliki kandungan vitamin B kompleks dan vitamin A yang sedikit, namun nanas memiliki khasiat sebagai antiperadangan. Enzim pencernaannya membantu memecah protein dalam makanan.

6. Susu
Susu sebagai pelengkap dari makanan 4 sehat 5 sempurna, Anda dapat mengonsumsinya dua kali sehari. Bisa dengan susu kambing dan sapi, mau yang masih segar ataupun dalam kemasan. Bagi Anda yang alergi pada susu hewani, dapat menggantinya dengan susu kedelai.

Baca Juga Artikel Lainnya:

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.