LiveChat

Senin, 17 Juni 2019

Ternyata Kebanyakan Konsumsi Vitamin C Juga Dapat Mengganggu Kesehatan

Ternyata Kebanyakan Mengkonsumsi Vitamin C Juga Dapat Menggangu Kesehatan

Ternyata Kebanyakan Mengkonsumsi Vitamin C Juga Dapat Menggangu Kesehatan

Vitamin C Merupakan salah satu nutrisi penting yang sangat diperlukan oleh tubuh. Oleh karena itu banyak sekali bermacam jenis suplemen vitamin C untuk memenuhi kebutuhan dalam diri kita.

Namun pada jumlah yang cukup banyak, konsumsi vitamin C ini justru bisa menyebabkan sedikit gangguan kesehata. Walaupun dokter menyebut bahwa kelebihan vitamin C tidak menimbulkan bahaya, namun dosis berlebihan dari suplemen vitamin C ini bisa menimbulkan pusing, diare, mual muntah heartburn, kram perut serta insomnia.

Berita Sepakbola Dan Prediksi Bola


Sejumlah masalah tersebut bisa muncul ketika anda overdosis vitamin C. Sejatinya terdapat patokan yang sebaiknya diikuti mengenai asupan vitamin C yaitu sekitar 65-90 miligram setiap harinya. Batas paling maksimal dari konsumsi vitamin C ini adalah 2000 miligram per hari.

Meski tidak dianggap membahayakan, pada kasus tertentu terdapat juga efek samping yang bisa terjadi dari konsumsi vitamin C secara berlebihan ini. Dari konsumsi vitamin C secara berlebihan ini mungkin akan terjadi pembentukan batu ginjal.

Ternyata Kebanyakan Mengkonsumsi Vitamin C Juga Dapat Menggangu Kesehatan

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2015 menyebutkan bahwa pria yang mengkonsumsi vitamin C sangat banyak setiap harinya memiliki resiko batu ginjal dua kali lipat dibanding pria lain. Penelitian ini sendiri telah dipublikasikan di jurnal JAMA.

Penelitian menyebut bahwa jumlah vitamin C yang banyak ini mungkin meningkatkan resiko batu ginjal karena tubuh diketahui dapat memecah vitamin C menjadi kanudngan yang bernama oxalate yang merupakan bagian dari batu.

"Penting bagi masyarakat untuk mengetahui bahwa terdapat resiko yang muncul dari mengkonsumsi vitamin C dalam dosis tinggi" ungkap peneli Agneta Akesson dari Karolinska Institude di Stockhol, Swedia.

"Mereka yang memiliki riwayat batu ginjal sebaiknya konsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi vitamin C yang sangat tinggi," jelasnya.

Walaupun menyehatkan dan merupakan vitamin yang sangat dibutuhkan tubuh, sebaiknya kurangi konsumsi vitamin C dosis tinggi terutama dalam bentuk suplemen ini. Adan bisa memilih untuk menggantiknya dengan mengkonsumsi buah untuk memastikan asupan vitamin C dalam tubuh anda pada jumlah yang tepat.

Baca Juga Artikel Lainnya:

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.