LiveChat

Minggu, 16 Juni 2019

Pengetahuan Mengenai Cacar Air Yang Perlu Anda Ketahui

Pengetahuan Mengenai Cacar Air Yang Harus Anda Ketahui

Pengetahuan Mengenai Cacar Air Yang Harus Anda Ketahui

Terdapat banyak misteri mengenai cacar air yang harus kita ketahui. Varisela atau yang lebih sering kita sebut dengan cacar air merupakan suatu penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus varicella zoster.

Penyakit ini dapat disebarkan melalui udara. Pada umumnya cacar air lebih sering menyerang anak-anak dibawah 10 tahun. Tetapi penyakit ini juga dapat menyerang orang dewasa. Cacar air dewasa lebih mungkin terjadi pada wanita hamil, karena sistem kekebalan tubuhnya yang rendah.

Gejala cacar air biasa muncul hingga tiga minggu setelah terpapar virus. Tanda yang pertama adalah munculnya rasa tidak enak badan seperti gejala pegal-pegal, demam, merasa sangat lelah, kehilangan selera makan dan rasa sakit kepala.

Pengetahuan Mengenai Cacar Air Yang Harus Anda Ketahui

Dalam satu dua hari akan muncul ruam seperti tiga tahap perubahan. Pertama ruam menjadi bentol kecil gatal. Kedua bentol-bentol kemudian berubah menjadi bintik yang berisikan cairan yang sangat gatal. Ketiga, setelah satu hingga dua harim bintil ini akan mengering dan menjadi koreng yang mengelupas dengan sendirinya.

Berita Sepakbola Dan Prediksi Bola


 Cara Mengobati Cacar Air:
1. Mengkonsumsi Obat
Penderita cacar air dapat mengkonsumsi obat pereda nyeri yang dapa anda beli di apotek. Jenis obat yang megandung paracetamol dapat anda gunakan untuk pereda deman dan nyeri sebagai gejala awal cacar. Paracetamol dianggap aman bagi kebanyakan orang termasuk wanita hamil dan bayi diatas dua bulan. Ada baiknya melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau para apoteker.

2. Jangan menggaruk bintik merah yang muncul
Meski cacar air terasa gatal, usahakan untuk tidak menggaruknya untuk menghindari infeksi dan penularan. Untuk menghindari garukan atau gesekan yang disengaja, potonglah kuku, gunakan sarung tangan serta kaus kaki menjelang tidur.

3. Mandi dengan air hangat
Tidak ada larangan yang menyatakan tidak boleh mandi ketika menderita cacar air. amdilah sebaik mungkin dengan air hangat. Keringkan badan dengan menepuk-nempuk handung, dan jangan menggosoknya. Untuk menghindari rasa gatal gunakan lotion atau bedak kelamin.

4. Menjaga makanan dan minuman yang dikonsumsi
Tetap menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan menjaga makanan dan minuman. Hal ini berguna untuk menjaga sistem imun agar tidak semakin melemah yang dapat melawan virus cacar air tersebut. Pada pengidap cacar air sebaiknya menghindari makanan yang tinggi lemak, makanan asam, pedas serta asin.

- Cara Pencegahan Cacar Air
Cacar air dapat dicegah dengan melakukan vaksinasi atau imunisasi dengan vaksin  varicella atau vaksin cacar air. Vaksin ini merupakan vaksin yang diberikan untuk mencegah virus caricella zoster yang menjadi penyebab utama munculnya penyakit cacar air. Pemberian vaksin biasanya dilakukan kepada bayi diatas 12 bulan dan usia terbaiknya sebelum memasuki sekolah dasar.

- Tindakan yang dilakukan untuk mencegah penularan cacar air
Ada bebreapa tindakan yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan cacar air, diantarnaya adalah

1. Bagi penderita cacar air sebaiknya menghindari untuk masuk sekolah atau bekerja.

2. Menjaga jarak dengan orang sekitar.

3. Jagalah kebersihan pakaian dan benda-benda yang anda guankan.

4. Menunda perjalanan menggunakan pesawat terbang. Penderita cacar air biasanya tidak diberi izin oleh pihak bandara demi mencegah penularannya.

Baca Juga Artikel Lainnya:

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.