LiveChat

Kamis, 20 Juni 2019

Misteri Dari Pulau Baru Yang Mendadak Muncul

Misteri Dari Pulau Baru Yang Mendadak Muncul

Misteri Dari Pulau Baru Yang Mendadak Muncul

Munculnya pulau di beberapa wilayah dibelahan dunia terjadi seara mendadak dan menjadi sebuah misteri. Salah satu alasan kemunculan pulau baru ini berawal dari letusan gunung berapi dibawah laut.

Bahkan munculnya pulau-pulau baru ini bisa terlihat oleh NASA, berikut bebreapa pulau baru yag mendadak muncuk ke permukaan dan menjadi misteri, namun akhirnya terungkap.

Berita Sepakbola Dan Prediksi Bola

Misteri Dari Pulau Baru Yang Mendadak Muncul

1. Pulau Hunga Tonga-Hunga Haapai
Pulau ini muncul sejak akhir Januari 2015. Munculnya karena erupsi gunugn berapi di perairan Tonga, Samudera Pasifik. Pulau baru ini membentang antara dua pulau kecil yang lebih tua yang disebut Hunga Tonga dan Hunga Ha'apai.

Pulau 'bayi' itu mampu bertahan hidup dengan cara yang tidak biasa, analisis yang dilakukan pada tahun 2017 oleh NASA mengenai harapan hidup pulau ini yaitu antara enam dan 30 tahun. Pulau inia adalah saru dari tiga pulau vulkanik yang hidup lebih lama, bebreapa bulan dalam 150 tahun terakhir.

"Pulau ini juga pulau pertama yang sanggup bertahan sejak armada Bumi," ujar Slaback, seorang ilmuwan dari NASA.

2. Pulau Ferdinandea
Pulau FErdinandewa sebenarnya bukan pulau baru. Ferdinandewa pernah hilang dan kemudian muncul kembali. Pulai ini tidak jauh dari lepas pantai Sislia dan Tunisia, Laut Mediterania.

Kisah pulau Ferdinandewa dimulai pada Juli 1831. Waktu itu selepas gunung berapi meletus, warga mencium bau belerang yang menyengat. Beberapa hari kemudian pilar besar terlihat naik dari laut.

Awalnya warga mencium bau belerang, mereka mengira ada kapal terbakar. Dua minggu setelah peristiwa tersebut, pulau baru muncuk di tempat itu. Pulau tersebut terus tumbuh dan meluas. Hingga mencapai 63 meter dengan diameter 4,8 kilometer.

Lalu pulau ini menjadi perebutan karena letaknya yang strategis. Perebutan tidak alama, kurang dari enam bulan pulau ini tenggelam ke laut. Uniknya berdasarkan catatan sejarah, pualu ini ternyata sering tenggelam kemduian mucnul lagi. Setidaknya, sejarah mencatat hal tersebut telah terjadi sebanyak empat atau lima kali.

3. Pulau Pasir Di Pantai Carolina Utara
Presiden dari Cape Hatteras National Seashore,, Bill Smith mengatakan pulau ini masih sangat berbahaya. Ia memperingatkan agar warga tidak mendekati pulai ini. Alasannya pulau tersebut menjadi area pancing. Ia khawatir jika ada kalin pancing yang tertinggal dan melukai seseorang.

Bahaya lain adalah hiu dan ikan pari yang berada tepat di bawah permukaan air dan aur yang menmebtuk seperti sungai kecil diantara pulau dan daratan speanjang 15 meter yang menghasilkan arus yang kuat.

Pulau Pasir memiliki panjang 1,6 kilometer dan lebar 146 meter, letaknya di luar pantai Buxton, Carollina Utara yang merupakan bagian dari Cape Hatteras National Seashore.

Pulau ini diduga terbentuk karena arus dan badai, yang secara konstan merubah pulaunya. "Kemungkinan kekuatan pulau pasir tersebut dapat memperbesar atau tenggelam dibawah ombak dapat satu atau dua tahun lagi, ujar Smith.

Baca Juga Artikel Lainnya:

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.