LiveChat

Sabtu, 14 Maret 2020

Beberapa Cara Benar Meredakan Resiko Anemia

Beberapa Cara Benar Meredakan Resiko Anemia

Beberapa Cara Benar Meredakan Resiko Anemia

Tips Orang Sehat - Salah satu masalah yang biasa dihadapi seseorang baik wanita maupun pria adalah masalah anemia. Timbulnya masalah ini biasanya disebabkan karena kurangnya zat besi dan darah yang terkadang tidak langsung kita sadari.

Hal tersebut pada umumnya bisa memunculkan rasa cepat lelah, pusing, lemas, serta napas pendek. Setelah terjadi pada waktu tertentu, biasanya masalah ini baru teraas dan cukup mengganggu apalagi yang memiliki aktifitas padat.

Terdapat dua jenis anemia yang bisa dialami oleh seseorang. Anemia karena kekurangan zat besi disebabkan karena kurangnya sel darah merah sehingga tidak mampu membuat cukup hemoglobin yang di perlukan oleh tubuh.

Tanpa hemoglobin, sel darah merah pada tubuh pasti akan menurun. Hemoglobin merupakan sumber protein yang mengantarkan oksigen pada bagian tubuh.

Kondisi anemia terjadi ketika sel darah mreah tidak dapat mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh. Kurangnya zat besi ini dapat terjadi ketika darah dalam tubuh hilang, pasalnya darah memiliki kandungan zat besi.

Jenis anemia yang terjadi adalah anemia permious yang disebabkan karena kurangnya folat dan vitamin B12 dalam tubuh. Anemia ini dapat dicegah dengan konsumsi makanan tinggi folat dan zat besi.

Untuk mencegah kita kekurangan darah dan zat besi ini, terdapat sejumlah hal yang bisa kita lakukan, apa saja? Yuk kita bahas dibawah ini.

Klikbola88

1. Konsumsi Suplemen
Ketika anemia terjadi akibat kurangnya zat besi, konsumsi suplemen sekitar 150 hingga 200 miligram tiap hari bisa dilakukan. Ketika kekurangan yang terjadi cukup parah, makanan saja tidak cukup mengatasinya sehingga dibutuhkan suplemen.

2. Konsumsi Daging
Zat besi bisa kita dapatkan dari sejumlah produk daging dan makanan laut. Kandungan dalam daging ini bisa diserap oleh tubuh lebih cepat dibanding dari tanaman.

Konsumsi daging sapi dan kambing bisa memenuhi kebutuhan zat besi lebih baik dibandingkan dengan daging ayam. Menyeimbangkan konsumsinya dengan ikan juga bisa membantu menyeimbangkan zat besi didalam tubuh.

3. Biji-Bijian dan Poling-polongan
Makanan dari biji-bijian dan polong-polongan memiliki banyak manfaat bagi tubuh termasuk memenuhi zat besi. Kacang-kacangan juga baik dikonsumsi untuk memperoleh manfaatnya. Usahakan mengkonsumsinya dalam kondisi belum dimasak untuk memperoleh manfaatnya secara maksimal.

4. Vitamin C
Vitamin C merupakan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dan memiliki manfaat signifikan. Beberapa buah dan sayur yang menjadi sumber vitamin C adalah jeruk, bayam, kali, stroberi. Selain vitamin C, kandungan zat besinya juga cukup tinggi sehingga dapat mencegah anemia.

Usahakan konsumsi smeua makanan tersebut teratur untuk mengurangi resiko munculnya masalah anemia. Sejumlah manfaat lain juga bisa anda dapatkan ketika mengkonsumsi sejumlah makanan diatas.

Baca Juga Artikel Lainnya:

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.