LiveChat

Minggu, 08 September 2019

Beberapa Penyakit Yang Biasa Muncul Di Musim Kemarau


Beberapa Penyakit Yang Biasa Muncul Di Musim Kemarau

Perubahan cuaca sering menyebabkan timbulnya penyakit. Perubahan terutama yang terjadi secara mendadak sering mendatangkan sejumlah penyakit pada diri seseorang.

Penyakit ini tidak hanya muncul pada saat musim hujan saja ketika cuaca lembab dan basah. Pada musim kemaru, sejumlah penyakit juga mungkin muncul.

Musim kemarau tidak hanya hadir dengan cuaca panas dan kekeringan, melainkan juga kreap di iringi oleh sejumlah penyakit yang mengintai. Ada penyakit tertentu yang cenderung hanya di musim kemarau.

Menurut Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Prof. Dr.dr Ari Fahrial Syam SpPd, setidaknya ada tiga penyakit yang harus diwaspadai masyarakat saat kemarau tiba.


Beberapa Penyakit Yang Biasa Muncul Di Musim Kemarau

1. Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA)
Ispa menjadi penyakit yang paling umum menyreang di musim kemarau. Jumlah debu akan meningkat seiring hujan yang tidak turun. Hal ini sangat berpotensi menyebabkan debu mengiritasi saluran pernapasan sehingga terjadi infeksi saluran pernapasan atas. Hal ini di tandai dengan munculnya gangguan kesehatan pada tenggorokan, pita suara dan amandel.

Untuk mencegah penyakit ini terjadi, Disankan untuk menggunakan masker saat sedang dijalan, terutama ketika berkendara. Selain itu, penting untuk rutin membersihkan rumah agar minim dari debu.

2. Diare
Diare menjadi penyakit paling umum kedua yang sering muncul di musim kemarau. Kualitas air menjadi terganggu sehingga pasokan air terbatas. Selain itu, jumlah debu yang banyak menyebabkan makanan, terutama yang dijajakan di pinggir jalan sangat mudah untuk terkontaminasi. Kondisi yang tidak higienis itu memicu terjadinya diare.

Agar tidak sakit gara-gara diare, disarankan untuk meminimalisasi makan di pinggir jalan. Jika makan di pinggir jalan pastikan bersih.

3. Demam Berdarah
Sebenarnya ini penyakit yang datang dalam setiap tahun. Menjaga kebersihan lingkungan adalah satu cara terhindar dari penyakit.

Menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan bisa membuat anda terhindar dari sejumlah penyakit ini. Penting untuk menjaga kesehatan secara tepat agar tidak mengalami lebih lanjut.

Baca Juga Artikel Lainnya:

1 komentar:

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.