LiveChat

Rabu, 26 Juni 2019

Cara Ampuh Tangani Semut Tomcat Atau Semut Charlie

Cara Ampuh Tangani Semut Tomcat Atau Semut Charlie

Cara Ampuh Tangani Semut Tomcat Atau Semut Charlie

Beberapa waktu lalu ramai beredar informasi mengenai bahaya dari semut charlie atau yang lebih kita kenal dengan semut tomcat.

Nama lain dari serangga ini adalah tomcat, semut semai, atau kumbang rove. Semut ini memiliki anatomi tubuh yanbg ramping, saat berjalan bagian belakang tubuhnya melengkung ke atas. Pankangnya sekitar 7-10 mm dengengar lebar 0,5 sampai 1 mm. Bagian kepala berwarna hitam dengan toraks (dada) dan Abdomen (perut) berwarna oranye atau merah yang diduga sebagai sinyal bagi musuh-musuhnya.

Semut Charlie berkembang biak didalam tanah, seperti sawah, tepi sungai, daerah rawa dan hutan. Serangga ini dapat bertahan paling lama sampai tiga bulan. Sebenarnya serangga ini bermanfaat bagi para petani karena merupakan predator hama-hama padi. Namun akibat meledaknya populasi dan ekosistem alam yang terganggu, semut charlie pun masuk ke wilayah pemukiman warga.

Pihak Kementerian Kesehatan memberikan kiat-kiat untuk menghadapi semut tomcat atau charlie ini, berikut lebih lanjutnya.

Cara Ampuh Tangani Semut Tomcat Atau Semut Charlie

1. Jika menemukan serangga ini, jangan di pencet agar tacun tidak mengenai kulit. Sebab meski sudah mati, semut charlie mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

2. Hindari kontak langsung dengan serangga semut charlie pada kulit terbuka. Selain itu, jangan sampai menggosok bagian kulit yang telah terkontaminasi dengan smeut charlie, sebab infeksi bisa saja terjadi dan memperparah luka.

3. Singkirkan semut charlie yang terkena kulit, karena kulit dipastikan sudah terkontaminasi dan bisa menyebabkan infeksi serta memperparah luka.

4. Tutup pintu dan jendela lampu, jika perlu beri kasa nyamuk untuk mencegah serangga ini masuk ruangan. Tidur dengan menggunakan kelambu juga disarankan apabila serangga semut charlie telah banyak ditemukan di sekitar rumah.

5. Anda bisa mengompres kulit yang terkontaminasi semut charlue dengan cairan antiseptik dingin apabila timbul seperti luka bakar. Namun perawata terbaik adalah dengan menghubungi dokter sesegera mungkin.

6. Jangan lupa sellau membersihkan lingkungan yang selama ini tidak terawat, sebab daerah yang lembab bisa menjadi tempat berkembang biaknya semut chatlie.

Baca Juga Artikel Lainnya:

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.