LiveChat

Kamis, 13 Juni 2019

Beberapa Manfaat Mengkonsumsi Brokoli Untuk Kesehatan

Beberapa Manfaat Mengkonsumsi Brokoli Untuk Kesehatan

Beberapa Manfaat Mengkonsumsi Brokoli Untuk Kesehatan

Sayuran brokoli ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan jika di konsumsi secara benar, Jenis sayuran ini berwarna hijau, biasanya bagian yang dikonsumsi adalah bagian kepala bunga. Namun tidak jarang batangnya pun menjadi santapan yang sedap.

Brokoli memiliki kesamaan bentuk dengan kembang kol. Banyak yang mengira bahwa kembang kol ini merupakan brokoli putih, karena perbedaannya hanya terdapat pada warna yang putih. Namun nyatanya tidak demikian.

Ada pula tanaman yang disebut brokoli kuning, tetapi brokoli kuning ini hanya menyerupai sayur brokoli yang biasa anda konsumsi. Brokoli kuning merupakan tanaman hias saja yang menyerupai brokoli.

Biasanya brokoli diolah menjadi menjadi salad dan tumisanm nutrisi yang terdapat pada brokoli memiliki banyak khasiat yang beragam. Apa sajakah? Mari kita bahas beberapa manfaatnya di bawah ini.
Berita Sepakbola Dan Prediksi Bola

Beberapa Manfaat Mengkonsumsi Brokoli Untuk Kesehatan

1. Baik Untuk Ibu Hamil
Nutrisi yang terkandung dalam brokoli sangat bagus untuk kebutuhan nutrisi ibu hamil. Selain itu asam folat brokoli juga bagus untuk mencgah kecacatan pada bayi yang baru lahir.

2. Untuk Memiliki Kalsium Anak
Brokoli memiliki kandungan kalsium yang dapat menyehatkan tulang. Anak-anak membutuhkan asupan kalsium yang abnyak untuk emmperkuat tulang dan gigi. Sehingga dengan memberikan brokoli pada anak akan membantu pertumbuhannya.

3. Bantu Turunkan Berat Badan
Brokoli termasuk makanan yang rendah kalori dan lemak, sehingga bagus untuk anda yang sedang menjalani program diet. Sayuran ini kaya akan serat yang membantu anda merasa kenyang lebih lama. Anda pun dapat mengontrol nafsu makan.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Brokoli memiliki kanudngan vitamin C yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan mengkonsumsi brokoli, anda dapat menjaga kesehatan karena terhindar dari berbagai penyakit.

5. Mencegah Kanker
Brokoli mampu membentuk senyawa aktif biologis selama anda memasak, mengunyah dan mencerna. Karena adanya glusonalat yang membntuk senyawa indole-3 carbinol, senyawa antikanker yang kuat.

Senyawa lain yang dapat mencegah kanker adalah sulforaphane, atau disebut sulfur organik alami. Sulfarophane mendukung fungsi dan pembagian sel normal dan bahkan meningkatkan kematian sel terprogram di sek kanker. Dengan mengkonsumsi brokoli 3 porsi dalam seminggu dapat mencegah resiko kanker hingga 60 persen.

6. Dapat Mendetoksifikasi Tubuh
Manfaat lainnya yang bisa anda dapatkan adalah dapat mendetoksifikasi tubuh. Brokoli mampu menetralkan dan menghilankan bahan kimia yang tidak dibutuhkan didalam tubuh.

7. Mejaga Kesehatan Jantung
Kandungan luntenin karotenoid yang dimiliki brokoli dapat membantu perlambatan atau mencegah penembalan arteri didalam tubuh dari penyakit jantung dan stroke. Vitamin b6 dan folat didalam brokoli juga dapat mengurangi resiko serangan jantung dan stroke.

8. Meningkatkan Kesehatan Kulit
Vitamin A dan K serta folat yang dimiliki brokoli bermanfaat untuk mencerahkan kulit. Sementara kandungan vitamin C, vitamin B kompleksm dan vitamin E pada brokoli mampu membantu dalam mengganti jaringan kulit yang rusak. Brokoli juga mengandung foto-nutrien yang dapat mencgah kerusakan akibat terpapar sinar matahari.

9. Menjaga Tekanan Darah Tinggi
Bagi anda yang memiliki tekanan darah tinggi, bisa mencoba mengkonsumsi brokoli. Kandungan kalium dimilikinya dapat membantu mengontrol tekanan darah.

10. Menjaga Kesehatan Mata
Brokoli memiliki kandungan vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata. Vitamin A berfungsi untuk menjaga kesehatan mata dan memberikan penglihatan yang lebih baik. Lutein yuang terdapat dalam brokoli juga memiliki fungsi untuk menjaga kerusakan mata akibat paparan sinar matahari.

Namun agar anda bisa mendapakan manfaat maksimal dari brokoli ini, adan harus memperhatikan cara memasaknya. Jangan memasak brokoli terlalu lama dan cukup dikukus selama bebreapa menit. Angkat ketika sayuran masih berwarna hijau dan anda bisa menggunakan campuran makanan lainnya untuk melengkapi kebutuhan anda.

Baca Juga Artikel Lainnya:

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.