LiveChat

Selasa, 06 Februari 2018

Beberapa Reaksi Tubuh Terhadap Rasa Sakit

Beberapa Reaksi Tubuh Terhadap Rasa Sakit


Tips Orang Sehat - Ketika anda mengalami rasa sakit tentunya tubuh akan merespon dengan refleks yang snagt cepat. Sistem saraf dalam tubuh memang bisa merespons rasa sakit dengan kecepatan tinggu, reaksi cepat ini tentunya sangat penting bagi manusia untuk mencegah rasa sakit menjadi bertambah parah.

Namun tahukah anda, bahwa dalam kecepatan refleks tersebut tubuh manusia sebenarnya melakukan proses yang sangat rumit. Inilah proses reaksi yang terjadi di dalam tubuh ketika merespon rasa sakit yang datang.

1. Hilangnya Keseimbangan
Sel Saraf memiliki keseimbangan yagnbbaik antara sodium, potasium dan kalsium. Ketika terkena sesuatu yagn menyakitkan , misalnya ketika menyentuh api, keseimbangan tersebut akan hilang. Sodium mulai melwati membran sel dan ketika sudah banyak, sodium yang masuk ke sel, sel saraf mulai mengeluarkan seinyal elektrik.

2. Tubuh Mengeluarkan Sinyal Elektrik.
Serat saraf yang berbeda akan membawa jenis rasa sakit yang berbeda, misalnya rasa sakit secara mekanik, Kimia atau suhu (panas). Sinyal elektrik yang dikeluarkan oleh sel saraf akan dibawa oleh serat saraf yang berbeda untuk keluar menuju sumsum tulang belakang.

3. Pusat Saraf
Semua sinyal rasa sakit akan mencapai sumsum tulang belakang. Salahs atu yang berasal dari daerah yang dilalui rasa sakit akan masuk ke bagian tengah yagn terdapat pada bagian leher , tepatnya berada di tempat bagian kelima atau ke tujuh dari tulang belakang.

4. Proses Pengolahan Rasa Sakit
Setelah melalui sumsum tulang belakang, sinyal akan menyentuh bagian otal penerima sinyal, yaitu thalamus. Untuk sakit yang disebabkan oleh panas atau apai, perjalanan ini hanya membutuhkan waktu 0,01 detik. waktu tersebut sebenarnya cukup lamban karena zat kimia yang bekerja dalam serat saraf bekerja 10 kali lebih cepat dari itu. Selanjutnya, thalamus akan memicu gerakan refleks pada tubuh dan mengirinkan interpretasi rasa sakit kepada cerebral cortex.

5. Tubuh Bereaksi
Setelah pada cerebral cortex, tubuh akan merespons dengan menghidnari sumber rasa sakit.

Dan itulah bebreap proses tubuh ketika menerima rasa sakit. Tubuh ternyata memiliki mekanisme yang hebat untuk merespon rasa sakit dengan cepat dan menghindarinya untuk menyelamatkan diri.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.